Di Riau, Rohul dan Rohil Belum Jalankan Program UHC

Di Riau, Rohul dan Rohil Belum Jalankan Program UHC

16 Oktober 2023
Peluncuran Prohram UHC di Riau

Peluncuran Prohram UHC di Riau

RIAU1.COM - Program Universal Health Converace (UHC) Provinsi Riau diluncurkan gubernur Syamsuar, Senin (16/10/2023).

Program UHC atau Jaminan Kesehatan Semesta merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Disebutkan Gubri Syamsuar, sudah ada 10 kabupaten/kota di provinsi Riau telah menerapkan program UHC.

“Saat ini kita sudah melaksanakan program UHC di seluruh kabupaten kota Provinsi Riau, tetapi ada dua Kabupaten seperti Rohul dan Rohil belum melaksanakannya. Kita harapkan masyarakat dapat manfaatkan sebaik-baiknya terutama masyarakat tidak mampu yang butuh perhatian dan ingin mendapatkan pelayanan yang lebih baik,” kata dia lagi.

Dijelaskan, terhitung persentase kepesertaan UHC sejak tahun 2019 hingga tanggal 1 Oktober 2023 Provinsi Riau mengalami kenaikan. Saat ini, di Bumi Lancang Kuning kepesertaannya telah mencapai 95,27 persen. Oleh karna itu, hal tersebut dapat menjadi acuan bersama dalam mengawal pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Hari ini kami mendapatkan arahan dari Bapak Dirut BPJS dan ini juga menjadi acuan kita nanti dalam rangka untuk mengawal pelayanan kesehatan yang lebih baik. Jadi kita berharap mudah-mudahan masyarakat Riau yang berobat ke rumah sakit mereka mendapatkan pelayanan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Diungkapkan, untuk menerapkan pelayanan kesehatan yang mempuni tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, dengan begitu tentu dibutuhkan sinegritas bersama dalam menerapkannya. Sehingga, ia berpesan untuk Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Rokan Hilir (Rohil) agar pemerintah daerahnya dapat menerapkan program UHC secepatnya.

“Tentunya menjadi tugas kita bersama dalam rangka untuk mendirikan pelayanan rumah sakit yang lebih baik. Kami berharap juga rekan-rekan seperti Rokan Hulu dan Rokan Hilir segera untuk bersama-sama mendirikan program UHC secepatnya karena ini sangat membantu masyarakat,” papar dia.*