Digitalisasi Pelayanan Diyakini Bisa Tingkatkan PAD Riau

Digitalisasi Pelayanan Diyakini Bisa Tingkatkan PAD Riau

6 Desember 2023
Asisten II Setdaprov Riau, Job Kurniawan

Asisten II Setdaprov Riau, Job Kurniawan

RIAU1.COM - Digitalisasi mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan dapat memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan kepada masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau M Job Kurniawan saat membuka High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Riau, Rabu (6/12/2023).

Rapat tersebut dalam rangka mengevaluasi rencana kerja dan timeline peluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) tahun 2024 dan 2025 Pemerintah Daerah Provinsi Riau.

Dikatakan M Job Kurniawan, bahwa seiring dengan perkembangan teknologi informasi, perkembangan pelayanan publik tidak hanya menghadirkan insan dan instrumen melalui bentuk fisik saja, akan tapi telah menggunakan instrumen digital. 

"Semua itu jika kita mampu mengimplementasikannya dengan baik maka pelayanan publik akan semakin prima dan masyarakat akan semakin puas," tuturnya.

Sebab itu, Asisten II Setdaprov Riau itu menilai digitalisasi dipandang penting dalam mengoptimalkan banyak hal hingga tidak perlu memakan banyak waktu dan usaha untuk mencapai target dari pekerjaan. 

"Melalui implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, pengelolaan keuangan diyakini akan lebih, efektif, efisien, transparan dan akuntabel," imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa percepatan dan perluasan digitalisasi tidak akan terwujud jika hanya pemerintah daerah bekerja sendiri dan juga tidak akan berjalan maksimal jika hanya dibebankan kepada Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) saja.

"Namun semua pihak harus ambil bagian dan berkolaborasi untuk itu. Dengan demikian saya yakin dan percaya percepatan dan perluasan digitalisasi bisa terwujud dan manfaatnya akan sampai kepada masyarakat," pungkasnya.*