Dishub Riau Mengaku Akan Larang Operasi Angkutan Mudik yang Tidak Layak

Dishub Riau Mengaku Akan Larang Operasi Angkutan Mudik yang Tidak Layak

1 April 2023
Terminal Bandar Raya Payung Sekaki

Terminal Bandar Raya Payung Sekaki

RIAU1.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau akan melakukan ramp check atau pemeriksaan kelayakan angkutan mudik lebaran 2023.

Pemeriksaan kelengkapan keselamatan kendaraan angkutan mudik lebaran ini dilakukan untuk memastikan kondisi angkutan mudik lebaran layak beroperasi sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas atau lakalantas.

Pada saat dilakukan ramp check, kendaraan akan diperiksa satu persatu kelengkapan keselamatannya. Mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi.

"Dalam waktu dekat kita akan turun, sekarang kita sedang persiapan. Sudah ada surat edaran dari Kemenhub, kami diminta untuk melakukan ram check terhadap kendaraan angkutan mudik lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andi Yanto akhir pekan ini.

Ada beberapa komponen kelayakan yang akan dicek petugas saat ram check. Mulai dari kondisi ban, lampu, sein, kepakamam rem, racun api hingga kotak P3K serta kelengkapan surat - surat kendaraan.

"Kalau ada yang tidak lengkap maka kendaraan tersebut tidak kita izinkan untuk beroperasi, harus dilengkapi dulu," katanya.

“Pemeriksaan dilaksanakan bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Setelah dilaksanakan ramp check, dilaksanakan juga imbauan tertib berlalu lintas,”tukasnya.*