Dumai dan Pekanbaru Jadi Dua Daerah Terbanyak Kasus DBD di Riau

Dumai dan Pekanbaru Jadi Dua Daerah Terbanyak Kasus DBD di Riau

6 Juni 2024
Ilustrasi/iStockphoto

Ilustrasi/iStockphoto

RIAU1.COM - Kota Pekanbaru dan Dumai menjadi dua daerah yang menjadi penyumbang terbanyak kasus kasus demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Riau.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, kasus DBD di Pekanbaru periode Januari hingga April 2024 sebanyak 224 kasus dan di urutan kedua adalah Dumai dengan jumlah kasus sebanyak 126 kasus dan 1 meninggal dunia. Di Urutan tiga besar adalah Kabupaten Bengkalis dengan jumlah kasus sebanyak 97 kasus.

"Daerah dengan kasus DBD terendah adalah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan jumlah kasus sebanyak 6 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto, Kamis (06/06/2024).

Sementara untuk total kasus DBD secara keseluruhan di Riau sejak periode Januari hingga April 2024, tercatat mencapai 701 kasus.

"Sementara untuk kasus meninggal dunia sampai April ada satu kasus di Dumai," sebut dia.

Lalu Kadiskes ini mengatakan, kasus DBD tertinggi pada tahun 2024 ini ditemukan di Januari dengan total kasus 201 kasus. Sementara untuk Februari turun menjadi 200 kasus. Sedangkan pada Maret kasus DBD di Riau sebanyak 175 kasus.

"Di bulan April kita lihat cenderung menurun dengan jumlah kasus sebanyak 125 kasus. Tapi di bulan april ini meski kasusnya turun tapi ada satu kasus meninggal dunia,"sebut dia.
 
Sementara untuk data Mei 2024 ini, Dinas Kesehatan provinsi Riau belum merilisnya. Sebab data dari kabupaten kota belum dikirim seluruhnya ke Pemprov Riau.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih.*