Embarkasi Haji Antara Riau Mulai Tahun Depan Ditiadakan, Ini Alasannya

Embarkasi Haji Antara Riau Mulai Tahun Depan Ditiadakan, Ini Alasannya

20 November 2023
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

RIAU1.COM - Embarkasi Haji Antara (EHA) untuk pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal kabupaten kota se-Riau ditiadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2024 mendatang.

Sebab itu, tahun 2024 para CJH tidak lagi berangkat ke Emberkasi Batam melalui EHA Riau. Namun, dari Kabupaten kota masing-masing langsung ke Batam, Kepulauan Riau. 

Hal itu berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Pemprov Riau dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Riau dan Kanwil Kabupaten Kota serta Pemerintah Kabupaten Kota se-Riau, Senin (20/11).

Kesepakatan tersebut diambil karena terdapat tiga daerah yakni Bengkalis, Indragiri Hilir (Inhil) dan Kepulauan Meranti yang keberatan jika keberangkatan calon jemaahnya melalui EHA. Tiga daerah itu mengirim surat ke Gubernur Riau agar keberangkatan calon jemaah haji. 

"Kita baru selesai rapat dengan para Kepala Kanwil Kemenag Riau dan Kabupaten Kota serta Pemda. Ini ada tiga surat dari Bengkalis, Inhil dan Kepulauan Meranti yang mengusulkan ke pak Gubernur agar keberangkatan calon jemaah tidak melalui embarkasi antara, tapi langsung ke Batam," kata Sekdaprov Riau, SF Hariyanto.

"Jadi ketiga daerah itu mereka beralasan jika calon jemaah haji langsung ke Batam lebih dekat, dibandingkan harus ke Pekanbaru melalui EHA Riau baru ke Batam," sambung dia.

Kemudian, SF Hariyanto minta ke Kemenag Riau untuk evaluasi EHA Riau yang berada di jalan Mekar Sari, Kota Pekanbaru, dan itu sudah dilakukan evaluasi oleh Kemenag Riau. 

"Jadi intinya EHA kita itu belum layak, karena baru mampu menampung untuk satu kelompok terbang (kloter). Jadi kalau satu kloter belum berangkat, yang lain belum bisa masuk. Jadi keberangkatan jemaah dari daerah harus malam, sampai Pekanbaru pagi kemudian berangkat ke Batam lagi, istirahat 5 jam dan berangkat lagi ke tanah suci. Jadi jemaah mengeluh tidak ada istirahat kecapean, apalagi jemaah haji ini banyak orang tua," terangnya. 

"Usulan itu lah yang kita bahas, tadi seluruh Kemenag Kabupaten Kota setuju semua jika keberangkatan calon jemaah haji tahun depan tidak lagi melalui EHA. Jadi tahun depan jemaah dari kabupaten kota langsung ke Batam saja. Seperti Bengkalis, Inhil dan Meranti itu lebih dekat ke Batam daripada ke Pekanbaru," sambungnya. 

Lanjut dia, dikarenakan tahun depan tidak lagi menggunakan EHA, jika selama ini biaya transportasi jemaah dari daerah ditanggung provinsi, maka itu langsung dialihkan ke Batam. 

"Sebab mereka tidak lagi menginap di Asrama EHA Riau. Tapi langsung ke Batam. Jadi tahun depan kita tidak usulkan lagi EHA ke pemerintahan pusat," sebut dia lagi.*