Event Tour De Siak, Berikut Imbauan Khusus Gubri Syamsuar

Event Tour De Siak, Berikut Imbauan Khusus Gubri Syamsuar

22 November 2022
Gubri Syamsuar

Gubri Syamsuar

RIAU1.COM - Terkait pelaksanaan event Tour De Siak (TDS) 1 Desember mendatang, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menghimbau agar masyarakat yang hendak menonton event tersebut untuk tak turun kejalanan, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan keamanan masyarakat itu sendiri.

Gubri berharap media online maupun cetak dapat ikut andil mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat. Sehingga masyarakat yang hendak menonton maupun masyarakat pengguna jalan dapat berhati – hati saat para peserta TDS melintas.

“Sehingga nanti tidak ada masyarakat yang melintas. Sebab itu berbahaya sekali, karena ini balap mereka tidak ada menahan lajunya, kencang. Karena itu ini perlu kehati – hatian. Kalau ada yang mau nonton sebaiknya diperkarangan atau di Ruko tidak turun kepinggir jalan. Termasuk juga para wartawan, kami sudah siapkan tempatnya” himbau Gubri  Syamsuar. Selasa, (22/11/2022).

Untuk persiapan jalan yang akan menjadi rute TDS sendiri Syamsuar menuturkan pihaknya dibantu oleh Polda Riau dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional akan terus melakukan pemantauan mulai hari ini hingga hari pelaksanaan TDS.

“Pokoknya mulai hari ini semua yang terkait dengan ini dikoordinir oleh Waditlantas Polda Riau. Setiap hari akan mengecek kondisi jalan sampai dengan hari H pelaksanaan. Tadi sudah kami diskusikan dengan Pemko Pekanbaru, ini tidak mengganggu CFD. Tapi CFDkan sampai jam 9 itu sudah tidak ada lagi,” kata Gubri.

Lebih lanjut, Syamsuar menuturkan untuk masalah pengamanan sendiri Polda Riau akan menurunkan lebih dari 2000 personel. Selain itu, juga dibantu oleh Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dandim.

“2000 itu dari Polda saja, belum lagi dari TNI, Satpol PP dan Dishub. Karena ini perlu pengamanan, baik pengamanan untuk pembalap sepeda maupun masyarakat,”ujarnya.

Wakil Direktur (Wadir) Dit Lantas Polda Riau, AKBP Donni Eka Syaputra menuturkan untuk pengamanan sendiri sejauh ini telah terkoordinisir dengan baik. Pihaknya juga telah turun langsung untuk melakukan pemantauan jalan yang akan dilalui peserta TDS.

“Beberapa kali kami sudah turun bersama – sama dengan Kepala Balai Jalan, Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, dan PUPR Kabupaten. Kita secara marathon turun dan cek terus, kita juga setiap hari mendapatkan laporan progress pengerjaan jalan yang telah dilaksanakan,” ucapnya.

“Sesuai instruksi Pak Gubernur, besok kita akan menginventarisir kembali jalan – jalan secara bersama – sama, dan itu akan terus di follow up sampai 30 November,”tambah AKBP Donni.*