Festival Pulau Rupat Digelar Bulan Depan

Festival Pulau Rupat Digelar Bulan Depan

27 Juni 2023
Kadispar Riau, Roni Rahkmat

Kadispar Riau, Roni Rahkmat

RIAU1.COM - Festival Bakar Tongkang di Rokan Hilir dan Festival Pulau Rupat di Bengkalis akan digelar bulan Juli tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmat mengatakan, untuk Festival Bakar Tongkang akan digelar per 1 - 4 Juli, sedangkan Festival Pulau Rupat juga akan digelar pada bulan yang sama, persisnya pada 7 - 9 Juli 2023.

“Kami optimis dengan adanya kedua event besar ini akan semakin mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Riau, bahkan dalam bulan Juli saja sudah dapat dilihat kenaikannya,” katanya awal pekan ini.

Lalu Roni menjelaskan, sejak Januari 2023 lalu, jumlah kunjungan wisatawan di Riau memang sudah merangkak naik, meskipun grafik kenaikannya belum terlalu signifikan.

Namun begitu, banyak sektor menaruh harapan besar pada Festival Bakar Tongkang di Rohil, yang mana pergelaran event budaya ini akan mencuri banyak perhatian setelah tiga tahun berturut-turut tidak diselenggarakan karena berbagai faktor.

Sementara itu untuk Festival Pulau Rupat selama ini juga sudah berhasil mencuri perhatian banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara meski dalam perjalannya, berbagai destinasi wisata bahari di pulau ini masih akan digarap secara serius ke depannya.

“Untuk Festival Pulau Rupat insya Allah kita yakin lah. Persiapan-persiapan kini sedang dilakukan dan cukup banyak nantinya berkontribusi terhadap kunjungan wisatawan,” sambungnya.

Roni menyebut, Pemprov Riau optimis bahwa kedua festival tersebut, tidak hanya berkontribusi besar terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Riau, tapi juga akan memberikan dampak perputaran ekonomi yang signifikan bagi masyarakat tempatan.

“Jadi selain jumlah wisatawan dalam negeri, wisatawan mancanegara insya Allah juga akan meningkat kunjungannya dengan adanya kedua event ini,” tuturnya.*