Gubri Sebut Dirut Petamina akan ke Riau Serahkan PI 10 Persen Blok Rokan

Gubri Sebut Dirut Petamina akan ke Riau Serahkan PI 10 Persen Blok Rokan

24 Oktober 2023
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan berkunjung ke Provinsi Riau dalam rangka menyerahkan Participating Interest (PI) 10 persen Blok Rokan kepada Provinsi Riau.

"Buk Nicke (Dirut Pertamina, red) dalam waktu dekat ini bakal ke Riau dalam rangka menyerahkan PI 10 persen," kata Syamsuar awal pekan ini.

"Kalau tak salah tanggal 1 atau 2 Dirut Pertamina akan kesini," tambahnya.

Diinformasikan sebelumnya, adapun jumlah yang akan diterima oleh Provinsi Riau yakni lebih satu triliun rupiah.

Participating Interest 10 persen dari Pertamina itu sudah disetujui oleh Pertamina dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bahkan telah disetujui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

PI 10 persen yang akan diterima Provinsi Riau adalah pemberian dari pemerintah atas pendapatan yang diterima oleh negara meskipun tanpa ada pernyataan modal dengan Pertamina namun Provinsi Riau dan kabupaten/kota penghasil juga mendapat bagian.

"Beruntung kita Dirut Pertamina sangat peduli terhadap Riau ini, dan saya sudah minta agar beliau menyerahkan langsung PI 10 persen tersebut yang nantinya akan dihadiri Bupati, DPRD dan Pemerintah Provinsi Riau," tukasnya.*