Harga Jual Kelapa Petani Kuansing Naik Rp12 per Kilogram

Harga Jual Kelapa Petani Kuansing Naik Rp12 per Kilogram

19 Oktober 2023
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Menurut data terbaru, harga kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, dan Kepulauan Meranti naik sebesar Rp 12 per kilogram, mencapai Rp2.675,-/kg untuk periode minggu ini.

"Sementara itu, harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tetap stabil, yaitu sebesar Rp5.100-/kg, tidak mengalami perubahan dari minggu sebelumnya," kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja, Rabu (18/10/2023).

Sedangkan tepung sagu basah mengalami penurunan harga sebesar Rp 25 per kilogram di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti, menjadi Rp2.350,-/kg.

Untuk pinang kering (100%), terjadi kenaikan harga di beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis.

Harga pinang kering mencapai Rp5.850,-/kg, mengalami kenaikan sebesar Rp 10 dari harga minggu sebelumnya.

Perubahan harga ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk faktor cuaca, permintaan pasar, dan kondisi ekonomi regional.

"Sebagai hasil dari fluktuasi ini, para pelaku usaha perkebunan di Riau diharapkan untuk memantau perubahan harga dengan cermat guna mengambil keputusan yang tepat terkait pengolahan dan pemasaran produk mereka," papar Defris Hatmaja.*