Harga Jual Kopra Petani Inhil Naik Rp50 per Kg

Harga Jual Kopra Petani Inhil Naik Rp50 per Kg

23 Februari 2024
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Defris Hatmaja mengatakan bahwa harga komoditi perkebunan di Provinsi Riau untuk pekan ini bervariasi.

"Harga komoditi perkebunan cukup bervariasi, ada yang naik dan turun. Namun, di minggu ini ada harga kelapa butiran dan tepung sagu basah yang masih stabil," kata Defris Hatmaja, Kamis (22/2/2024).

Yang mana, untuk harga kelapa butiran di beberapa kabupaten seperti Kampar, Kepulauan Meranti, dan Inhil yang tetap stabil di Rp2.700 per kg. Sedangkan, harga tepung sagu basah di Inhil dan Kepulauan Meranti tetap Rp2.975 per kg.

Sementara itu, harga kopra mutu kering (100%) di Inhil dan Kepulauan Meranti sebesar Rp. 5.400 per kg. "Harga kopra mutu kering minggu ini naik Rp 50 dari harga minggu lalu," jelasnya.

Lalu, harga pinang kering (100%) di Kampar, Siak, Inhil, Kepulauan Meranti dan Bengkalis sebesar Rp4.913 per kg. Harga minggu ini turun Rp13 per kg dari harga minggu lalu.

"Harga-harga tersebut didasarkan pada hasil lelang komoditi di daerah setempat," jelasnya.

Khusus untuk kelapa sawit dibedakam menjadi dua, harga untuk mitra swadaya dan mitra plasma. 

"Yang mana, harga pembelian TBS kelapa sawit petani mitra swadaya untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp2.633,03 per kilogram. Sedangkan, harga kelapa sawit mitra plasma tercatat naik menjadi Rp2.681.24 per kilogram," tuturnya.*