Hari Ini Kanwil Kemenag Riau Mulai Buka Seleksi Petugas Haji Daerah

Hari Ini Kanwil Kemenag Riau Mulai Buka Seleksi Petugas Haji Daerah

9 Februari 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Seleksi petugas haji daerah dibuka Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau. Tahapan seleksi akan dibahas oleh Kemenag Riau, Kamis (9/2/2023).

"Tanggal 9 Februari kita akan rapat membahas persiapan seleksi petugas haji daerah, jadi untuk tahapan nya belum bisa kita jelaskan sekarang," kata Kepala Bidang Haji, Kanwil Kemenag Riau, Syahrudin, Rabu (8/2).

Lalu Syahrudin mengungkapkan, pada tahun lalu total petugas haji daerah seluruhnya mencapai 34 orang. Dengan rincian masing-masing kabupaten kota ada 2 petugas, kemudian untuk Provinsi ada 10 orang.

"Jadi totalnya ada 34 petugas, itu tahun lalu, untuk tahun ini apakah masih tetap sama, belum bisa kita pastikan, kita masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat," ujarnya.

Selain petugas haji daerah, Kanwil Kemenag Riau juga sudah selesai melaksanakan seleksi petugas haji kloter dan Arab Saudi. Total ada 31 petugas haji kloter dan petugas haji Arab Saudi yang dinyatakan lulus seleksi.

Untk diketahui, pada musim haji tahun 2023 ini Provinsi Riau mendapatkan kuota haji sebanyak 5.008 orang. Jumlah tersebut belum termasuk petugas haji.

Namun setelah diverifikasi dari 5.008 nama yang dikirim oleh pemerintah pusat tersebut, diperkirakan ada 153 nama yang diperkirakan tidak berangkat haji pada tahun ini.

"Penyebabnya macam-macam, ada yang sudah meninggal dunia, namun belum dilimpahkan ke penggantinya, ada yang belum 10 tahun sudah mengejakan ibadah haji terakhir dan ada juga yang, sakit permanen," sebut Syahrudin.*