Hewan Terinfeksi Rabies Serang Puluhan Orang di Riau

Hewan Terinfeksi Rabies Serang Puluhan Orang di Riau

20 Juni 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau, dalam kurun waktu Januari-Mei 2023, ada 25 orang digigit hewan yang terinfeksi rabies.

Kepala Dinas PKH Riau Herman menjelaskan, dari 25 orang yang digigit hewan terinfeksi rabies tersebut, tidak ada yang meninggal dunia. Semuanya berhasil diobati dan sehat kembali.

"Total ada 25 orang yang digigit hewan positif rabies. Namun untuk kasus manusia meninggal nihil," katanya.

Dipaparkan Herman, sejak Januari hingga Mei 2023, pihaknya juga mencatat ada 12 kasus positif rabies pada hewan di Riau. Di antaranya ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir 3 kasus, Pelalawan 1 kasus, Siak 4 kasus, Bengkalis 1 kasus dan Pekanbaru 3 kasus.

"Sampai saat ini ada lima daerah di Riau yang ditemukan kasus rabies," paparnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies terutama pada hewan terutama anjing dan kucing di Riau. Pihaknya mendistribusikan vaksin rabies ke 12 Kabupaten/Kota di Riau.

"Sudah kami distribusikan dan pihak pemerintah kabupaten/kota melalui instansi terkait sudah sudah ada yang melakukan vaksinasi. Utamanya bagi hewan jenis anjing dan kucing, ada juga beberapa hewan jenis musang yang dipelihara," sebut dia.*