Hotspot Kembali Bermunculan di Riau, Capai 35 Titik

Hotspot Kembali Bermunculan di Riau, Capai 35 Titik

2 Agustus 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Riau, pada Rabu (2/8/2023) dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Sanya G menjelaskan bahwa pada pagi hari ini Riau secara umum cerah berawan. 

"Namun, ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Siak, Rokan Hulu, dan Pelalawan," kata Sanya.

Sementara pada siang harinya cerah berawan-berawan tanpa potensi hujan. Lalu, pada sore hingga malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Bengkalis, Kuantan Singingi, Dumai dan Pekanbaru.

Sedangkan dini hari ini berpotensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Bengkalis, Kampar, Indragiri hulu, Indragiri Hilir, dan Dumai.

"Waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, dan Siak pada malam hingga dini hari," imbaunya.

Selanjutnya, suhu udara berada di antara 24.0 – 34.0 °C, dengan kelembapan udara 55 – 98 % dan angin Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah)," jelasnya.

Untuk titik Panas atau hotspot di Sumatera terdeteksi 202 titik. Dengan rincian, Sumatera Utara 2, Jambi 16, Kepulauan Riau 6, Bengkulu 5, Bangka Belitung 49, Sumatera Selatan 47, Lampung 42, dan Riau 35.

Adapun hotspot Riau tersebar di Rokan Hilir 2, Rokan Hulu 1, Kampar 4, Kuantan Singingi 1, Pelalawan 9, Bengkalis 4, Indragiri Hulu 3, Indragiri Hilir 8 dan Dumai 3 titik.*