Hujan Petir Hari Ini Berpotensi Terjadi di Inhil hingga Pelalawan

Hujan Petir Hari Ini Berpotensi Terjadi di Inhil hingga Pelalawan

12 Februari 2024
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Rilis prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Riau, Senin, (12/02/24) disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru Bella RA mengatakan bahwa secara umum cuaca di Riau, akan cerah berawan dengan potensi hujan yang tidak merata. 

Sebut dia, pagi hari terjadi udara kabur sampai cerah berawan, dan ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir, Siak, dan Kepulauan Meranti.

Sementara siang sampai sore hari cuaca akan cerah berawan sampai berawan dan ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. 

Prakiraan cuaca tersebut diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Bengkalis, dan Kota Pekanbaru. 

Kemudian, pada malam sampai dini hari cuaca akan berawan dan ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

Loading...

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan pada pagi, siang, sore, atau malam hari," ujar Mia mengingatkan. 

Kemudian, untuk suhu udara diperkirakan antara 22.0 – 31.0°C dengan kelembapan udara 55 – 98 %, sementara angin bertiup dari utara menuju timur laut dengan kecepatan 10 – 36 km per jam.

Sementara itu prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1,25 m atau tergolong Rendah. 

"Waspada potensi tinggi gelombang kategori tinggi (2.50 – 4.0 meter) terjadi di wilayah Perairan Bintan serta waspada potensi tinggi gelombang kategori sedang (1.25 – 2.5 meter) terjadi di wilayah Perairan Lingga dan Perairan Utara Bangka", ujar Mia mengingatkan agar kita waspada.*