Inflasi Riau dari Komoditas Pangan, Elly: Lahan Kita Tidak Ramah untuk Pertanian

Inflasi Riau dari Komoditas Pangan, Elly: Lahan Kita Tidak Ramah untuk Pertanian

18 Mei 2024
Ilustrasi/Antara

Ilustrasi/Antara

RIAU1.COM - Karena kondisi lahan pertanian yang berbeda dengan provinsi lainnya di Pulau Sumatera, yang mana mayoritas lahan yang ada di Riau merupakan lahan gambut, disebut Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Elly Wardhani menyebabkan Provinsi Riau inflasi dari komoditas pangan.

"Mayoritas lahan kita lahan gambut. Lahan kita tidak ramah untuk budidaya pertanian," ujarnya, Kamis (16/5/2024).

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) wilayah Sumatera digelar di Riau, Pekanbaru. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Elly mengungkapkan, kalau Provinsi Riau disuruh menanam sawit, pasti akan cepat. Namun untuk pangan lainnya seperti cabai dan bawang masih sangat kurang.

"Begitulah kondisi di Riau, mau membenahi harus dari sisi hulu dulu. Kalau disuruh nanam sawit, cepat. Tapi untuk pangan lain harus kita akui kita ketergantungan pada daerah pemasok," imbuhnya.

Elly mengakui, stok pangan di Riau bergantung kepada daerah pemasok bahan tersebut, terutama Provinsi Sumatera Barat. Ia jelaskan, untuk komoditas yang dihasilkan oleh Provinsi Riau yaitu bawang merah baru terpenuhi 0,99% sedangkan beras 25%. 

"Kami sudah meningkatkan kelompok tani di Rohil. Rohil cukup membantu untuk meningkatkan produktivitas padi," katanya.

Ia jelaskan, mengenai permasalahan pangan ini Pemprov Riau sudah sering bekerjasama dengan Bank Indonesia. Namun masalahnya bukan di pupuk, namun lahan yang akan dipupuk nantinya.

"Memang permasalahan dari hulu tidak mendukung budidaya pertanian, tapi kita mengharapkan adanya perbaikan dari sana, dari awalnya," jelasnya.*