Ini Kiat Ciptakan Kerukunan Menurut Ketua FKUB Riau

Ini Kiat Ciptakan Kerukunan Menurut Ketua FKUB Riau

18 Januari 2023
Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau KH. Abd Rahman Qoharuddin (Tengah)

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau KH. Abd Rahman Qoharuddin (Tengah)

RIAU1.COM - Menurut Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau KH. Abd Rahman Qoharuddin, sebagai umat beragama, tentunya semua orang menginginkan hidup rukun dan damai antara satu dengan yang lainnya, sehingga tidak terjadi perpecahan atau konflik di tengah-tengah masyarakat. 

"Maka dari itu, silaturahmi adalah salah satu cara untuk menciptakan kerukunan umat," kata KH. Abd Rahman Qoharuddin, di Pekanbaru, Selasa (17/1).

Sebut dia, FKUB selaku mitra pemerintah dalam mewujudkan dan menguatkan umat beragama, merukunkan internal umat beragama, merukunkan umat beragama dengan pemerintah, tentunya akan melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

"Melalui pertemuan-pertemuan yang dilakukan, tentu kita bisa menyatukan kalimat dan menyatukan barisan," ujarnya.

Kemudian dia menjelaskan bahwa dalam Islam ada namanya kalimat tauhid yang menjadi landasan umat Islam, dan tentunya juga tauhidul qarimah yaitu menyatukan kata, menyatukan prinsip untuk merawat dan menguatkan kerukunan umat beragama.

Tentunya melalui majelis-majelis agama dan tempat-tempat tertentu sehingga mendapatkan inspirasi yang luar biasa.

Menurut KH. Abd Rahman Qoharuddin, Taman Gembira Durilengkeng merupakan miniatur kerukunan antar makhluk-makhluk Allah. Jadi tidak hanya rukun sesama manusia tapi juga rukun dengan makhluk tuhan yang lain seperti hewan, tumbuhan, dan manusia. 

"Tampak di sini kerukunan dan memuliakan sesama makhluk. Tidak hanya manusia dimuliakan,  makhluk lain juga dimuliakan," tuturnya.

"Kalau sudah memuliakan semua makhluk maka akan terciptalah benih-benih kesejahteraan kita semuanya sebagai penghuni kolong langit ini yang diciptakan tuhan dengan berbagai macam perbedaan," tukasnya.*