Ini Kunci Baznas Riau Berhasil Kumpulkan Zakat Rp 40,5 Miliar

Ini Kunci Baznas Riau Berhasil Kumpulkan Zakat Rp 40,5 Miliar

7 Oktober 2023
Ketua Baznas Provinsi Riau, Masriadi Hasan

Ketua Baznas Provinsi Riau, Masriadi Hasan

RIAU1.COM - Terhitung dari awal tahun 2023 hingga bulan September ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau telah mengumpulkan zakat lebih kurang Rp 40,5 Miliar.

Menurut Ketua Baznas Provinsi Riau, Masriadi Hasan, hal tersebut merupakan prestasi yang sangat luar biasa, namun prestasi tersebut merupakan wujud dari kerja sama dan dorongan pemerintah daerah yang konsisten dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat.

Seperti diketahui, Gubernur Riau telah mengeluarkan surat edaran yang isinya setiap ASN yang beragama Islam ditetapkan sebagai Muzakki oleh Baznas Provinsi Riau, dikenakan zakat profesi sebesar 2,5% atas penghasilan gaji dan tunjangan setiap bulan melalui pemotongan otomatis (payroll system).

"Tentunya payroll system yang diterapkan ini dapat meningkatkan potensi zakat yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau," kata Masriadi Hasan di Pekanbaru, Jumat (6/10/2023).

"Ini juga mejadi kunci keberhasilan Baznas Riau sehingga zakat yang dikumpulkan menjadi sangat signifikan," tambahnya.

Sebagai lembaga, Baznas Provinsi Riau tutur dia, memiliki tugas untuk mendukung pemerintah daerah mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan agar terwujud Riau berdaya saing, sejahtera, bermartabat serta unggul di Indonesia.*