Ini yang Diinginkan Gubri agar Jalintim di Pelalawan Tidak Lagi Tergenang Banjir

Ini yang Diinginkan Gubri agar Jalintim di Pelalawan Tidak Lagi Tergenang Banjir

30 Januari 2024
Jalan Lintas Timur di Pelalawan yang tergenang banjir/Suara.com

Jalan Lintas Timur di Pelalawan yang tergenang banjir/Suara.com

RIAU1.COM - Peningkatan kualitas Jalan lintas timur (Jalintim) di Kabupaten Pelalawan diusulkan Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar.

Hal tersebut dilakukan agar kedepannya jika memasuki musim hujan, jalan lintas tersebut tidak lagi digenangi banjir sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubri Edy saat melakukan pertemuan dengan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau, Senin (29/1) di kediaman Gubri. Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh pihak Dinas PUPR Riau. 

“Kami sengaja mengundang pihak PUPR Riau dan BPJN untuk membuat perencanaan peningkatan jalan lintas timur dan diusulkan ke pusat melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bapenas (Bapenas)," kata Gubri.

Usulan peningkatan jalan tersebut, ujar dia, bisa dilakukan dengan dua metode. Yang pertama yakni dengan meninggikan jalan lintas timur agar saat banjir tidak menggenang ke jalan. Atau cara kedua yakni dengan membangun bendungan di sisi jalan agar air juga tidak menggenangi jalan ketika banjir.

“Pola peningkatan jalan lintas timur yang diusulkan seperti itu. Tapi nanti pihak BPJN yang akan menyusun teknis usulannya termasuk dalam membuat Detail Engiring Desain,” ujarnya. 

Loading...

Edy Natar menyampaikan, jika gubernur itu merupakan perpanjangan tangan kabupaten kota pada tingkat pusat. Untuk itu, apa yang dibutuhkan bisa disampaikan dan ditindaklanjuti dengan cepat. Ia akan mendorong program-program tersebut, seperti dampak setelah musibah banjir ini.

"Yang pasti, jika ini kita lakukan dengan cepat permasalahan-permasalahan di daerah ini bisa teratasi. Maka itu harus bisa lansung dijalankan ketika menghadapi permasalahan," tutur Gubri.

Sementara itu, Kepala BPJN Riau, Yohanis Tulak Todingrara menanggapi lansung apa yang direncanakan Gubri, dimana sebagai  yang bertugas di wilayah Riau ia akan menindaklanjuti lansung dengan mengusulkan ke pemerintah pusat. 

"Ini akan segera kita tindaklanjuti, apa yang disampaikan Gubri ini cukup bagus dan anggarannya juga ada di BPJN," sebut dia.*