Kabupaten Siak Dan Meranti Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Kabupaten Siak Dan Meranti Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

3 Maret 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti yang menetapkan status siaga darurat karhutla setelah sebelumnya ota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis menetapkan status serupa.

Berdasarkan keterangan Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal, meskipun belum diumumkan secara resmi, namun dua daerah tersebut sudah mempersiapkan berkas-berkas dan menginformasikan ke BPBD Riau terkait penetapan status tersebut.

"Yang baru saja melaporkan yakni Kabupaten Siak dan Kepulauan Riau. Namun memang belum diumumkan secara resmi, tapi mereka sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan Forkopimda nya. Dengan demikian, sudah empat daerah di Riau yang menetapkan status siaga darurat Karhutla di Riau," kata dia akhir npekan ini.

Dengan ditetapkannya status siaga darurat Karhutla tingkat kabupaten/kota, sebut dia, maka nantinya koordinasi akan lebih mudah dilakukan. Karena posko-posko pengendalian Karhutla sudah didirikan.

"Meskipun provinsi Riau sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla, namun kami juga minta pemerintah kabupaten/kota juga menetapkan status serupa agar memudahkan dalam hal koordinasi penangangan bencana Karhutla," ujarnya.

Lebih lanjut sebut dia lagi, untuk membantu proses pencegahan dan pengendalian Karhutla di Riau. Pihaknya juga sudah mengirimkan surat permintaan bantuan helikopter ke pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Kami sudah mengajukan bantuan helikopter 10 unit untuk patroli dan juga water boombing. Untuk kapan dikirimkan ke Riau kami masih menunggu informasi selanjutnya, karena pihak BNPB baru saja pulang dari Turki mengirimkan bantuan," tuturnya.*