Kabut Asap, Pelajar di Riau Dihimbau Gunakan Masker

Kabut Asap, Pelajar di Riau Dihimbau Gunakan Masker

3 Oktober 2023
Kadisdik Riau, Dr Kamsol

Kadisdik Riau, Dr Kamsol

RIAU1.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Provinsi Riau, Dr Kamsol mengintruksikan seluruh kepala sekolah di Riau agar mengimbau siswanya menggunakan masker. 

"Bagi sekolah yang di daerahnya terjadi kabut asap, agar mengimbau siswanya menggunakan masker," kata Kamsol, Selasa (3/10).

Himbaun tersebut kata dia, dilakukan untuk mencegah terjadinya dampak buruk bagi kesehatan siswa akibat udara yang tidak sehat. Sebab beberapa hari ini udara di Pekanbaru sudah berada pada level tidak sehat.

"Orang tua siswa juga harus mengawasi anak-anak nya. Sepulang dari sekolah kalau bisa kurangi aktivitas diluar rumah, karena udara di Pekanbaru sedang tidak sehat," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada siswa agar banyak minum putih dan mengkonsumsi vitamin.

"Bawa minum ke sekolah, usahan banyak minum air putih," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edi Afrizal menegaskan bahwa kabut asap yang menyelimuti kota Pekanbaru dan sekitarnya bukan akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau, melainkan asap berasal dari provinsi tetangga. Yakni Jambi dan Sumatera Selatan.

"Ini asap dari provinsi tetangga kita. Angin mengarah ke Riau, sehingga asap dari Karhutla di Sumsel dan Jambi masuk ke Riau," kata Edi.

Jika melihat hasil pemantauan satelit yang dirilis oleh BMKG, kata Edi, hot spot di kedua Provinsi ini cukup banyak, dan belum terkendali.

"Ditambah lagi musim panas dan tidak ada hujan di Sumsel,” imbuhnya.*