Kabut Asap Selimuti Riau, Besok Pesawat TMC Dikirim ke Pekanbaru

Kabut Asap Selimuti Riau, Besok Pesawat TMC Dikirim ke Pekanbaru

5 Oktober 2023
Ilustrasi Pesawat TMC

Ilustrasi Pesawat TMC

RIAU1.COM - Sepekan terakhir udara di Kota Pekanbaru dan Riau pada umumnya dalam kondisi tidak sehat akibat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Namun demikian, Kepala BPBD Riau Edy Afrizal mengatakan wilayah Riau karhutla masih terkendali. Ada beberapa lahan terbakar, namun tidak berdampak luas karena telah dipadamkan.

Edy memastikan dalam waktu dekat ada pesawat teknologi modifikasi cuaca atau TMC ke Riau. Tim Satgas Karhutla pun akan langsung melakukan upaya dalam mencari potensi hujan.

"Besok TMC sudah datang dari Jakarta dan peluang awan hujan masih ada. Kalau dari BMKG sebagian Riau berpotensi hujan. Ya kalau asap dari Riau kecil kemungkinan asap, dari luar ini yang banyak," kata Edy Kamis (5/10/2023). 

Kemudian dijelaskan dia, jadwal rencana pelaksanaan TMC di Provinsi Riau Tahap ke VI, pesawat TMC Smart Aviation jenis Pillatus PC-6 akan datang pada hari Jumat (6/10/2023). "Garam / Nacl akan datang tgl 6 Oktober 2023, pelaksanaan TMC dimulai pada tanggal 6 sampai 12 Oktober," jelasnya. 

Dilihat dari situs BMKG, terlihat udara Kota Pekanbaru berada pada level kuning atau tidak sehat. Kualitas udara terlihat sempat turun ke level sedang sekitar pukul 03.00 WIB dinihari tadi.*