Kadisdik Riau Bantah Isu Grup LGBT Pelajar SMA

Kadisdik Riau Bantah Isu Grup LGBT Pelajar SMA

21 Juni 2023
Kadisdik Riau, Dr Kamsol

Kadisdik Riau, Dr Kamsol

RIAU1.COM - Beredarnya kabar perilaku seks menyimpang melalui grup WhatsApp (WA) Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) heboh di Riau. 

Isu grup WA LGBT di sekolah dasar, dibantah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Kini, isu grup LGBT pelajar SMA juga dibantah Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Kepala Dinas Pendidikan Riau Kamsol mengatakan, grup WA para anak SMA tidak ada menyinggung soal LGBT. Dia menilai, siswa SMA di Riau tidak separah kabar seks menyimpang tersebut.

"Ada grup gaya-gaya aja, tapi kalau separah itu (LGBT) tak ada di Riau ini. Saya yakin itu," kata Kamsol, Selasa (20/6/2023).

Kemudian Kamsol mengaku sudah berkordinasi dengan semua pihak terkait kabar grup WA LGBT anak sekolah yang dihembuskan Kementerian PPPA itu. Dia memastikan tidak ada WhatsApp Grup di sekolah baik siswa SD maupun SMA.

"Mana tahu anak SD dengan LGBT. Kalau SMA mungkin, tetapi kalau di Riau tidak ada. Meski begitu kita tetap mengontrol aktivitas anak-anak sekolah," ujar Kamsol.

Menurut Kamsol, remaja usia anak SMA membutuhkan banyak perhatian. Karena itu, dia Kamsol telah meminta semua kepala sekolah, wali murid dan orang tua untuk bersama melakukan pengawasan. 

"Baik di sekolah atau di luar sekolah diawasi, karena dalam usia rentan. Saya sudah bilang seluruh kepala sekolah, kuatkan hubungan antara wali murid dan wali kelas," jelas Kamsol.

"Sampaikan kalau ada kegiatan di sekolah, kalau ada les kasih tahu. Prinsipnya anak setingkat SMA itu butuh perhatian," demikian Kamsol.*