Kadiskes Zainal Arifin Bangga Tiga Rumah Sakit Pemprov Riau Terakreditasi Paripurna

Kadiskes Zainal Arifin Bangga Tiga Rumah Sakit Pemprov Riau Terakreditasi Paripurna

26 Oktober 2023
Kadiskes Riau, Zainal Arifin menghadiri Kesehatan Internasional di STIKes Payung Negeri Pekanbaru

Kadiskes Riau, Zainal Arifin menghadiri Kesehatan Internasional di STIKes Payung Negeri Pekanbaru

RIAU1.COM - Konferensi Kesehatan Internasional ke-dua (2nd PANIHC) di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Payung Negeri Pekanbaru dihadiri ribuan mahasiswa, Rabu (25/10/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin menyampaikan berbagai perkembangan pelayanan kesehatan yang ada di Bumi Lancang Kuning. 

"Saat ini ada tiga Rumah Sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang telah terakreditasi dengan tingkat Paripurna, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, RSUD Petala Bumi, dan Rumah Sakit Jiwa Tampan," kata Zainal.

Kemudian dia menjelaskan, bahwa RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah memiliki fasilitas dan layanan kesehatan unggulan untuk masyarakat. Pelayanan kesehatan di RSUD ini semakin lengkap dan akan terus berkembang baik sarana, prasarana, dan SDM. Bahkan, sudah punya layanan unggulan yaitu, Jantung terpadu, Kanker terpadu, dan Trauma Centre.

“RSUD Arifin Achmad kini telah memiliki layanan unggulan seperti jantung terpadu, kanker terpadu, stroke dan trauma centre. Di mana selama ini merujuk pasien ke rumah sakit di luar provinsi Riau dan memakan antrian panjang,” jelasnya.

Sambung dia lagi, RSJ Tampan juga memiliki layanan unggulan seperti instalasi rehabilitasi psikososial dan instalasi rehabilitasi napza. RSJ ini juga memiliki sumber daya manusia kesehatan kekhususannya. Saat ini RSJ sedang mengembangkan layanan  rawat inap di luar kekhususan. 

“Ini menjadi sebuah peluang untuk pengembangan dan peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat Provinsi Riau. Saat ini RSJ Tampan sedang mengembangkan layanan berupa rawat inap dan Intensive Care Unit (ICU) di luar kekhususan (non jiwa),” tuturnya.

“Insya Allah pelayanan kesehatan semakin baik, Pemerintah Provinsi Riau akan senantiasa memberikan dukungan dalam hal perbaikan kualitas pelayanan kesehatan termasuk penyiapan tenaga kesehatan yang ada di provinsi Riau,” papar Zainal dihadapan ribuan mahasiswa.*