Kadispar Riau: Sekitar 3,4 Juta Orang akan Bepergian saat Libur Idulfitri

Kadispar Riau: Sekitar 3,4 Juta Orang akan Bepergian saat Libur Idulfitri

1 April 2024
Kadispar Riau, Roni Rakhmat

Kadispar Riau, Roni Rakhmat

RIAU1.COM - Pergerakan wisatawan dan sejumlah destinasi wisata yang bakal disambangi wisatawan saat libur Idulfitri 1445 Hijriah telah dipetakan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau.

"Prakiraan jumlah pergerakan wisatawan sekitar 3,4 juta orang akan bepergian saat libur idulfitri. Sementara, target okupansi hotel diprediksi bisa mencapai 40 persen selama libur Idulfitri," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Senin (1/4). 

Disebutkan Roni, sesuai adalah Pj Gubernur Riau, Dispar Provinsi Riau telah melakukan rapat koordinasi dengan 12 Dispar kabupaten dan kota, membahas kesiapan destinasi wisata. Kemudian, menerbitkan surat edaran prihal kesiapan destinasi wisata dalam menghadapi libur Idulfitri. 

"Dispar Provinsi Riau bersama 12 Dispar di kabupaten dan kota di Riau juga akan melakukan monitoring di sejumlah destinasi wisata. Kegiatan ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung," sebut dia.

"Kami juga telah melakukan pembinaan kepada pengelola daya tarik wisata alam dalam meningkatkan pelayanan dan keamanan destinasi wisata," tambahnya.

Roni mengimbau pengelola objek wisata agar bisa mengantisipasi lonjakan pengunjung. Selain itu, antisipasi di kerawanan terjadinya kondisi membahayakan. Terutama lokasi wisata alam yang dinilai rawan kecelakaan karena kondisinya yang ekstrem.

Diungkapkan, keselamatan juga harus diterapkan. Selalu memantau perkembangan cuaca melalui media maupun situs resmi BMKG. Pengelola daya tarik wisaya harus lebih waspada untuk menjaga keselamatan pengunjung. 

"Kemudian, kepada pengunjung agar selalu memperhatikan faktor keselamatan. Pilih destinasi liburan yang aman dan nyaman dengan kelengkapan alat keselamatan bagi wisatawan. Perhatikan kondisi fisik saat berlibur, terutama menghadapi musim hujan. Perhatikan prosedur keselamatan dan keamanan yang mengacu pada standar SNI CHSE," ucapnya.*