Kadispora Riau Klaim Pembiayaan Porwil XI Sumatera Telah Rampung

Kadispora Riau Klaim Pembiayaan Porwil XI Sumatera Telah Rampung

25 Juni 2023
Kadispora Riau, Boby Rachmat

Kadispora Riau, Boby Rachmat

RIAU1.COM - Bulan November mendatang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera 2023 dijadwalkan digelar di Provinsi Riau.

Multi event olahraga empat tahunan di Sumatera ini juga menjadi ajang Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Boby Rachmat, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan KONI Riau terkait pembiayaan. Artinya, agar nanti jangan salah dalam mengambil keputusan terkait dengan kebijakan itu sendiri.

Lanjutnya, karena dalam PP 17 Tahun 2007 menyatakan bahwa penyelanggaraan Porwil merupakan tanggungjawab dari Pemerintah Provinsi, tetapi menugaskan KONI untuk melaksanakannya. 

"Saya kira kalau pembiayaan sudah rampung, ya kita akan selesaikan terkait dengan PB Porwil XI Sumatera 2023," ujar Boby Rachmat, Jumat (23/6).

Sementara itu, terkait soal venue tempat pelaksanaan Porwil XI Sumatera di Riau semuanya akan dilaksanakan di Kota Pekanbaru, dan secara fungsional untuk keseluruhan venue 10 cabor yang akan dipertandingkan tersebut sudah siap, tetapi masih ada beberapa perbaikan venue yang masih menunggu rekomendasi dari Technical Delegate (TD). 

Sementara itu, sebelumnya Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan, optimis melalui komitmen bersama, pelaksanaan Porwil Sumatera XI di Riau sukses pelaksanaan dan sukses prestasi. Ia mengingatkan kepada seluruh  pihak terkait untuk fokus dalam persiapan multievent olahraga.

Dengan waktu yang hanya tersisa beberapa bulan kedepan, pihak pihak yang terkait dalam pelaksanaan Porwil Sumatera ke XI tahun 2024 mendatang, terus tancap gas melakukan persiapan persiapan sarana dan prasarana, dan para atlet mengikuti porwil,  juga fokus menjalani program latihan.

Sementara Ketua Umum KONI Riau Iskandar Husein menambahkan, sejauh ini KONI Riau belum ada menemukan persoalan terkait pelaksanaan Porwil Sumatera ke XI yang akan di gelar di Riau pada bulan November 2023 mendatang. Pada pelaksanaan Porwil sumatera ke XI akan mempertandingkan sebanyak 10 cabang olahraga.*