Kanwil DJP Riau Beri Apresiasi Tax Center dan Relawan Pajak Terbaik

Kanwil DJP Riau Beri Apresiasi Tax Center dan Relawan Pajak Terbaik

19 Desember 2023
Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari bersama pimpinan perguruan tinggi dalam acara Tax Center dan Relawan Pajak Gathering di Aula Balai Diklat Keuangan Pekanbaru pada 14 Desember 2023. Foto: Istimewa.

Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari bersama pimpinan perguruan tinggi dalam acara Tax Center dan Relawan Pajak Gathering di Aula Balai Diklat Keuangan Pekanbaru pada 14 Desember 2023. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak Riau (DPJ) Riau bekerja sama dengan Balai Diklat Keuangan Pekanbaru menggelar Tax Center dan Relawan Pajak Gathering di Aula Balai Diklat Keuangan Pekanbaru pada 14 Desember 2023. Kanwil DJP Riau memberikan apresiasi kepada Tax Center dan Relawan Pajak Terbaik.

"Sebanyak 22 perguruan tinggi tersebut terdiri dari mitra dan calon mitra kami yang akan membentuk Tax Center," kata Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Riau Bambang Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/12/2023). 

Perguruan tinggi itu antara lain, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tuah Negeri, Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Kuantan Singingi, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, Universitas Riau, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda, Universitas Islam Indragiri, Universitas Pasir Pangaraian, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang, Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri, Politeknik Caltex Riau, Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia, Institut Teknologi Mitra Gama, Sekolah Tinggi Agama Islam Sulthan Syarif Hasyim, Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Dumai, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Riau Ahmad Djamhari menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh perguruan tinggi yang telah menjadi mitra dalam memperluas informasi perpajakan. Mitra Kanwil DJP Riau juga memberikan asistensi kepada masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

“Perguruan tinggi telah menjadi mitra kami dalam meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat mengenai kewajiban perpajakannya. Melalui Tax Center dan Program Relawan Pajak, perguruan tinggi membantu kami dalam memberikan asistensi pengisian SPT Tahunan, pemadanan NIK-NPWP, serta konsultasi terkait kewajiban perpajakan lainnya,” ujarnya. 

Tax Center dan Relawan Pajak merupakan dua program terbesar yang menjadi dasar dalam pelaksanaan berbagai kegiatan bersama. Jika dilihat dengan lebih detail, perguruan tinggi dan DJP bekerja sama dalam banyak hal, contohnya pelaksanaan Lomba Cepat Tepat Perpajakan tingkat SLTA se-Provinsi Riau. Lomba ini digelar di Politeknik Caltex Riau.

"Kami berharap kerja sama yang baik ini dapat terus dipertahankan,” harap Ahmad.

Kanwil DJP Riau siap memberikan ilmu pengetahuan seputar perpajakan, kuliah umum ataupun pembekalan kepada mahasiswa di seluruh perguruan tinggi. Kanwil DJP Riau juga akan siap mendukung penelitian yang akan dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang berkaitan dengan perpajakan serta berbagai kegiatan lainnya dalam kaitan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Agenda utama dalam kegiatan tersebut adalah penandatanganan Kesepakatan Bersama pembentukan Tax Center antara Kantor Wilayah DJP Riau dengan Institut Teknologi Mitra Gama dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai. Kami juga menyampaikan hasil evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan Tax Center selama tahun 2023," urai Ahmad. 

Kemudian, Kanwil DJP juga menjelaskan detail mengenai Program Relawan Pajak untuk Negeri (Renjani) tahun 2024. Lalu, sekilas mengenai Balai Diklat Keuangan Pekanbaru serta pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Pada acara tersebut juga diberikan kesempatan kepada Tax Center Universitas Lancang Kuning untuk memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Apresiasi bagi perguruan tinggi dengan Tax Center Terbaik selama 2023 diberikan kepada Universitas Pasir Pangaraian. Apresiasi itu diberikan berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan Tax Center dan keaktifan Tax Center tersebut.

Sedangkan untuk Relawan Pajak terbaik 2023 diberikan kepada tiga mahasiswa. Relawan Pajak Terbaik I diraih oleh Michael Alvarez Valenzia dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tuah Negeri Dumai. 

Relawan Pajak Terbaik II diberikan kepada Siti Putri Darisah dari Universitas Pasir Pangaraian. Relawan Pajak Terbaik III diberikan kepada Shoumi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tuah Negeri Dumai.