Kanwil DJP Riau Buka Layanan Pajak di Mal, Kampus, dan Kantor Pemerintah

Kanwil DJP Riau Buka Layanan Pajak di Mal, Kampus, dan Kantor Pemerintah

23 Maret 2024
Warga saat konsultasi di salah satu Kantor Pelayanan Pajak. Foto: Istimewa.

Warga saat konsultasi di salah satu Kantor Pelayanan Pajak. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) akan membuka layanan perpajakan bagi masyarakat Riau, khusus Sabtu dan Minggu hingga 31 Maret 2024. Layanan ini difokuskan untuk melayani penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi.

Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau Bambang Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/3/2024), mengatakan, layanan perpajakan Sabtu dan Minggu ini dibuka mengingat semakin dekatnya batas pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi pada 31 Maret. Hampir setiap tahun, selalu terjadi ledakan jumlah wajib pajak yang mendatangi Kantor Pelayanan Pajak untuk menerima asistensi pelaporan SPT Tahunan.

SPT Tahunan dapat disampaikan secara mandiri oleh wajib pajak melalui efiling pada laman www.pajak.go.id. Pelaporan online ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunannya. Bagi wajib pajak yang mengalami kendala dalam melaporkan SPT Tahunan seperti lupa sandi untuk login ke akunnya, lupa efin, atau pun memerlukan informasi tambahan seputar pelaporan SPT Tahunan agar dapat mendatangi KPP, bahkan di hari Sabtu dan Minggu.

"Selama masa penyampaian SPT Tahunan, kami telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengingatkan wajib pajak mengenai kewajiban penyampaian SPT Tahunan seperti sosialisasi dan edukasi perpajakan,
penyebarluasan informasi perpajakan melalui media online, media cetak, media elektronik maupun media luar ruang, membuka layanan perpajakan di pusat keramaian dan penyelenggaraan kelas pajak kepada masyarakat," ungkap Bambang.

Bagi wajib pajak yang berlokasi cukup jauh dari KPP dan KP2KP, Kanwil DJP juga telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang telah menjadi mitra untuk membuka layanan perpajakan di pusat keramaian. Tax Center Universitas Riau (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRI) dibuka tanggal 22 dan 25-28 Maret.

Tax Center UIN Suska Riau dibuka tanggal 22 dan 25-28 Maret. Tax Center Universitas Lancang Kuning dibuka tanggal 22 dan 25-28 Maret.

Tax Center STIE Persada Bunda dibuka tanggal 22 dan 25-28 Maret. Tax Center Politeknik Caltex Riau dibuka tanggal 22 dan 25-28 Maret.

Mal Pekanbaru buka layanan pajak tanggal 30-31 Maret. Mandau City Mal Duri buka layanan pajak tanggal 30-31 Maret.

Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru buka layanan pajak tanggal 22 dan 25-28 Maret. MPP Bengkalis buka layanan pajak tanggal 22 dan 25-28 Maret.

MPP Siak buka layanan pajak tanggal 22 dan 25-28 Maret. Pos Pajak Bangkinang (Samping Pasar Impres) dibuka tanggal 22-28 Maret dan 30-31 Maret.

Kantor Camat Ujung Batu buka layanan pajak tanggal 26-28 Maret. RSUD Puri Husada Tembilahan buka layanan pajak tanggal 25 Maret.

Kantor Bupati Indragiri Hilir buka layanan pajak tanggal 26 Maret. Kantor Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Swarna Bumi buka layanan pajak tanggal 27 Maret.

“Masyarakat wajib pajak diharapkan dapat memanfaatkan secara optimal layanan perpajakan yang telah dibuka di berbagai lokasi. Kebijakan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang selama ini terkendala jarak dan waktu untuk memenuhi kewajiban perpajakannya,” harap Bambang.