Karhutla di Sinaboi hingga Dumai Disebut BPBD Berhasil Dipadamkan

Karhutla di Sinaboi hingga Dumai Disebut BPBD Berhasil Dipadamkan

21 Mei 2023
Karhutla di Dumai

Karhutla di Dumai

RIAU1.COM - Sejumlah wilayah yang sempat dilanda Kebakaraan Hutan dan Lahan (Karhutla) kini sudah padam, Sabtu (20/5/2023). 

Seperti di Sinaboi Rokan Hilir, di Pelintung dan Sungai Sembilan Dumai serta di Rupat seluruhnya sudah berhasil dikendalikan petugas gabungan di lapangan. 

"Sudah nihil, tinggal di Teluk Makmur Dumai yang tersisa sedikit. Masih ada asap, petugas masih melakukan pendinginan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Sabtu (20/5/2023).

Edy mengungkapkan sebelumnya Karhutla juga sempat di temukan di wilayah Tapung Kampar. Namun sudah berhasil di padamkan petugas.

Melihat kondisi cuaca di Riau yang cukup panas dan kering, Edy mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembagan membuang puntung rokok yang masih menyala bara apinya. Apalagi saat berada di kebun, tanah kosong atau di hutan.

"Yang hobi mancing ikan juga, kan biasa ada yang buat api untuk bakar-bakar ikan atau api unggun, itu juga harus hati-hati. Pastikan apinya dipadamkan sampai padam semua baru ditinggalkan pulang, jangan ditinggal begitu saja, itu bisa juga berpotensi terjadinya kebakaran lahan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada petugas dan aparat setempat yang terdekat jika di daerahnya ditemukan ada kebakaran hutan dan lahan. Tujuannya supaya api bisa segera ditangani dan dipadamkan dengan segera. Sebab jika sudah meluas, api akan sulit dipadamkan.

"Karena pada prinsipnya, yang menjaga kampung kita itu adalah kita sendiri," ujarnya.*