Kasus DBD di Riau Meningkat, Dinkes Beberkan Data

Kasus DBD di Riau Meningkat, Dinkes Beberkan Data

9 Maret 2024
Ilustrasi/TribunnewsBogor.com

Ilustrasi/TribunnewsBogor.com

RIAU1.COM - Dibandingkan dengan periode yang sama dari tahun sebelumnya, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Provinsi Riau mengalami peningkatan.

Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, pada Januari 2023 lalu, total kasus DBD di Riau sebanyak 200 kasus. Sementara pada Januari 2024 ini total kasus DBD di Riau mencapai 226 kasus.

"Ada peningkatan 26 kasus jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto akhir pekan ini.

Sementara untuk data Februari dan Maret 2024 ini, Dinas Kesehatan provinsi Riau belum merilis. Sebab data dari kabupaten kota belum dikirim ke Pemprov Riau.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih.

Agar kasus DBD tidak terus bertambah, pihaknya mengimbau agat setiap rumah harus ada juru pemantau jentik (Jumantik) yakni anggota keluarga di masing-masing rumah.

"Jadi 3 M itu yang harus di giatkan. Mulai dari kamar mandi tempat bersarang. Karena kalau tiga hari sekali kita kuras dan bersihkan, itu pasti tidak ada telur, kalau tidak ada telur tidak ada jentik, dan kalau tak ada jentik pasti tak ada nyamuk," papar dia.*