Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau akan Beri Gelar kehormatan pada Gubri Syamsuar

Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau akan Beri Gelar kehormatan pada Gubri Syamsuar

20 Juli 2023
Pertemuan LKAAM dengan Gubri Syamsuar

Pertemuan LKAAM dengan Gubri Syamsuar

RIAU1.COM - Kunjungan pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat (Sumbar) diterima Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar,Kamis (20/07/2023).

Dijelaskan Gubri, Provinsi Riau dan Sumbar ini mempunyai ikatan yang sangat kuat. Sehingga, untuk mendukung kemudahan transportasi lintas darat, pemerintah pusat akan membangun jalan tol penghubung Riau dan Sumbar. Oleh karena itu, dari pertemuan tersebut Gubri Syamsuar berpesan datuk-datuk dapat memudahkan pembangunan infrastruktur.

“Tentu, adanya ikatan seperti ini menambah pengetahuan kita dan paling penting adalah agar anak kemanakan kita tak bisa dipisahkan. Oleh karna itu, kami juga sangat mengharapkan datuk-datuk mendukung bagaimana tentang pembangunan jalan tol penghubung Riau dan Sumbar,” jelas Gubri.

“Kami saling mendukung dan saling berharap mudah-mudahan apa yang kita maksudkan ini bisa terwujud sebagaimana upaya kita untuk meningkatkan kemajuan,” lanjutnya.

Selain itu, Datuk Seri Setia Amanah ini mengungkapkan bahwa Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat juga akan memberikan gelar kehormatan kepada dirinya.

“Terima kasih juga atas dukungannya yang sekaligus tadi menyampaikan hajat akan memberikan gelar kehormatan kepada kami. InsyaAllah kami nanti bersama rombongan dan LAM Riau akan datang kesana,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua LKAAM, Fauzi Bahar, menuturkan Minangkabau dan Melayu ini  sesungguhnya sangat berkaitan. Menurutnya, Minangkabau ini tersebar luas sampai ke Kerinci hingga Kampar. Oleh karena itu sudah seharusnya pihak LKAAM Sumbar memberikan gelar kehormatan kepada Gubernur Riau Syamsuar.

“Kami sebetulnya, banyak anak kemanakan kami di Riau ini. Dari Kerinci hingga Kampar, dan hari ini izinkan menyampaikan jemputan kami ke bapak Gubernur, kami ingin memberikan gelar kehormatan kepada bapak. Ini untuk mempererat tentang persaudaraan kita antara minang kabau dan melayu Riau. Kita ini sama, baik adat atau pun agama. Akhir bulan Agustus nanti kami mengundang bapak bisa datang untuk mengambil gelar yang akan kami serahkan ini,” ucapnya.*