Lomba Video Promosi APPI 2023 Kemenparekraf, Dispar Riau Juara 1

Lomba Video Promosi APPI 2023 Kemenparekraf, Dispar Riau Juara 1

19 Juli 2023
Penyerahan anugerah pemenang Lomba Video Promosi APPI 2023

Penyerahan anugerah pemenang Lomba Video Promosi APPI 2023

RIAU1.COM - Juara pertama lomba video promosi pada Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 pada kategori Seni dan Budaya berhasil diraih Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau. 

Lomba video ini diikuti oleh 38 Dinas Pariwisata Provinsi dan 514 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Indonesia. 

Lomba video ini diselenggarakan oleh Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kegiatan ini untuk memeriahkan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan dalam rangka pemenuhan target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 1,4 milyar pergerakan, pada tahun 2023. 

Untuk mencapai target tersebut, Kemenparekraf mengajak seluruh dinas pariwisata baik di provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk mempromosikan daerah masing-masing kepada masyarakat agar berwisata #DilndonesiaAja.

Acara malam puncak APPI 2023 BBWI digelar di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf di Jakarta, Senin (17/7) malam. Dihadiri Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni made Ayu Marthini, dan sejumlah kepala daerah dari provinsi dan kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat berujar, ada beberapa kategori pada lomba video ini, yaitu kategori Destinasi, Event daerah, Seni dan Budaya, serta Kuliner. Provinsi Riau meraih juara 1 kategori Seni dan Budaya. 

Dikatakan, bahwa pihaknya mengirimkan video berjudul "Hikayat Pencerah Bara", berdurasi 59 detik. Video ini menceritakan seni dan budaya di Bengkalis, Riau. Di mana alam dan kultur saling bertemu. Laut biru, pasir putih dan setelahnya adalah bisik budaya yang meniti waktu. 

"Di video ini kita diajak menyaksikan eksotika zapin api dan perang mercon di Bengkalis yang menjanjikan sensasi, eksotika, romansa. Durasi video ini 59 detik, diproduksi oleh Tim Dinas Pariwisata Riau. Tim ini berkolaboratif, inovatif, tim yang selalu adaptif, dan tim yang fokus dengan pemasaran digital," kata Roni Rakhmat, Selasa (18/7). 

Berikut pemenang lomba video Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 BBWI kategori Seni dan Budaya:

1. Dinas Pariwisata Provinsi Riau

2. Dinas Pariwisata Provinsi Kepri

3. Dinas Pariwisata Provinsi Bali

4. Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur

5. Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah