Terdeteksi Belasan Titik Panas di Riau

Terdeteksi Belasan Titik Panas di Riau

28 Februari 2024
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Sejumlah wilayah Riau disampaikan Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu Amiruddin masih ada yang berpotensi hujan seharian pada hari ini, Rabu (28/2/2024).

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singngi, Pelalawan dan Indragiri Hilir pada Siang atau sore dan malam hari," kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu Amiruddin.

Sebut dia, sejak pagi hingga sore nanti, Kabupaten Kuansing masuk dalam deretan daerah yang paling berpotensi diguyur hujan hari ini.

Kemudian, malam harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan sebagian Kota Pekanbaru.

Untuk suhu udara, berada diantara 23.0 – 32.0 °C dengan Kelembapan Udara 65 – 99 %, Angin bertiup dari Utara – Timur  / 10 – 27  km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 meter (Tenang). Waspada potensi kecepatan angin yang dapat mencapai 36 Km/jam di wilayah perairan Kepulauan Batam dan Bintan," imbaunya.

Sedangkan, total titik panas (hotspot) wilayah Sumatera 39 titik. Yakni, Jambi 7, Sumatera Barat 1, Sumatera Selatan 3, Sumatera Utara 2, Kepulauan Riau 1, Bangka Belitung 10 dan Riau 15 titik.

Adapun 15 titik panas di Riau ini berada di Kota Dumai 5, Kampar 5, Rokan Hilir 1, Siak 4.*