Nama Dandim Bengkalis Dicatut untuk Penipuan

Nama Dandim Bengkalis Dicatut untuk Penipuan

19 September 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan Nurdin, dicatut untuk melakukan penipuan melalui pesan WhatsApp untuk meminta uang.

Hal tersebut dibenarkan Letkol Arh Irvan Nurdin, bahwa ada orang diduga memakai namanya dengan memasang picture (DP) Letkol Irvan saat prosesi serah terima jabatan (Sertijab) di Korem 031/Wira Bima baru-baru itu.

“Benar, nomor (Wa) palsu dengan mengatasnamakan saya pribadi. Fotonya juga begitu, pakai foto saya, dan itu bukan nomor saya yang asli,” ungkap Letkol. Arh. Irvan Nurdin, Senin 18 September 2023.

Atas kejadian tersebut ia mengatakan bahwa diduga aksi kejahatan cyber itu segera ditelusuri oleh Pasi Intel Kodim 0303 Bengkalis, Kapten Cpl. Farimus Hendriko dan anggota lainnya. 

“Saat ini mereka sedang dilacak anggota. Memang ini nomor yang digunakan untuk menelepon/wa dan selanjutnya minta TF (transfer, red),”terangnya.

Untuk mencegah adanya pihak yang dirugikan tersebab aksi kejahatan cyber itu, Dandim 0303 Bengkalis mengimbau agar seluruh masyarakat tidak sembarang merespon pesan masuk yang mengatasnamakan dirinya sebagai Dandim 0303 Bengkalis atau yang lainnya.

“Kami himbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak merespon pesan-pesan yang dikirimkan oleh orang atau nomor yang tidak dikenal. Lebih teliti dan jeli jadi kunci agar tidak menjadi korban kejahatan. Sekali lagi saya tegaskan, nomor atau Wa tersebut adalah palsu dengan mencatut nama saya. Semoga himbauan ini bisa menjadi antisipasi agar tidak ada satu orangpun yang menjadi korban kejahatan tersebut,” tutur Dandim.*