Pacu Jalur Teluk Kuantan akan Dipromosikan pada Ribuan Orang dari Puluhan Negara

Pacu Jalur Teluk Kuantan akan Dipromosikan pada Ribuan Orang dari Puluhan Negara

15 Mei 2024
Bupati Kuansing, Suhardiman Amby bersama Menparekraf Sandiaga Uno

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby bersama Menparekraf Sandiaga Uno

RIAU1.COM - Event pacu jalur akan dipromosikan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby dihadapan ribuan orang dari 33 negara. 

Hal tersebut disampaikan Suhardiman pada saat Melayur Jalur di Desa Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah belum lama ini.

Dihadapan masyarakat Desa Munsalo, Bupati Kuansing menjelaskan bahwa untuk mengangkat budaya pacu jalur ini harus dilakukan dengan gencarnya melakukan promosi. Ia mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya pacu jalur dan merawat jalur yang sudah dibuat.

"Pada tanggal 22 Mei 2024 nanti, kita akan berkumpul bersama 50 ribu orang perwakilan dari 33 negara di Denpasar Bali. Di sana nantinya akan kita promosikan budaya pacu jalur kepada perwakilan dari berbagai negara tersebut. Hal ini bertujuan agar bisa mendatangkan turis-turis dari Mancanegara," kata Bupati Kuansing. 

Diketahui bahwa Denpasar Bali akan menjadi tuan rumah Event World Water Forum ke-10. Pada saat itu juga Kemenparekraf akan siapkan Indonesia Pavilion pada Expo tersebut, sehingga Kuansing mendapat kesempatan untuk tampil mempromosikan Budaya Pacu Jalur yang masuk peringkat ke-7 pada Karisma Event Nusantara (KEN).

"Saat ini tersisa waktu 3 bulan lagi sebelum Event Nasional Pacu Jalur tradisional diselenggarakan di Tepian Narosa Teluk Kuantan Provinsi Riau. Jalur- jalur baru dari setiap desa mulai terbentuk dan siap meramaikan budaya pacu jalur Kuansing yang mendunia,"tutur Bupati Kuansing. 

Menurut Suhardiman Amby menjelaskan, melalui event pacu jalur ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kuansing, diketahui pada tahun lalu perputaran uang pada saat event nasional pacu jalur mencapai Rp94 Miliar. 

"Di tahun ini kita akan berusaha mendatangkan lebih banyak orang lagi, agar mereka menginap dan memenuhi penginapan yang ada di Kuansing. Selain itu, mereka akan berbelanja saat event pacu jalur dan menghabiskan uangnya di Kuansing," tutupnya.*