Pasar Apung di Inhil Disebut Berhasil Jaga Stabilitas Inflasi

Pasar Apung di Inhil Disebut Berhasil Jaga Stabilitas Inflasi

15 Januari 2024
Kadisperindagkop Riau, Taufik OH

Kadisperindagkop Riau, Taufik OH

RIAU1.COM - Pasar apung sederhana yang berada di Indragiri Hilir (Hilir) disebut menjadi salah satu tradisi yang hingga kini masih dipertahankan masyarakat di daerah tersebut, dan berkontribusi besar terhadap stabilitas inflasi di sana.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Provinsi Riau, M Taufiq OH, kegiatan pasar oleh warga setempat membuat panen hasil pertanian mereka terserap maksimal oleh kebutuhan lokal. Bahkan tak memerlukan rantai pasok yang terlalu panjang.

“Di Inhil itu masyarakat masih sering melakukan transaksi di pasar apung. Jadi komoditi pangan masyarakat di sana, tak ke mana-mana, habisnya di situ saja. Terbukti inflasinya rendah dan cenderung stabil. Ini memberikan kepastian dan ketahanan ekonomi bagi masyarakat. Harganya yang sangat terjangkau membuat daya beli masyarakat setempat tetap stabil,” papar dia, Senin (15/1/2024).

Dalam konteks komoditi, Inhil sebut dia tetap menjadi kekuatan ekonomi dengan ketersediaan yang selalu terjaga.

Keputusan untuk tidak menjual hasil panen ke daerah lain memastikan bahwa manfaat ekonomi dari pertanian tetap di dalam komunitas, menciptakan lingkungan yang berkelanjutan secara ekonomi.

Taufiq menjelaskan, sektor pertanian yang kuat di Inhil tidak hanya memberikan stabilitas ekonomi, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

“Dengan menikmati hasil panen berkualitas tinggi secara lokal, penduduk Inhil tidak hanya mendukung ekonomi mereka sendiri tetapi juga memelihara tradisi dan kearifan lokal,” tuturnya.

Pasar apung sebagai pusat kegiatan ekonomi lokal menjadi cermin kearifan lokal yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Keunikan pasar ini menciptakan suasana yang ramai dan berwarna setiap kali masyarakat berkumpul untuk berbelanja. 

Dengan begitu, Inhil bukan hanya sebuah daerah dengan tingkat inflasi rendah, tetapi juga sebuah komunitas yang memiliki kebijakan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan kearifan lokal yang memperkaya kehidupan masyarakatnya.

Melalui kebiasaan berbelanja di pasar apung dan menjaga ketersediaan hasil panen secara lokal, Inhil memberikan contoh positif tentang bagaimana sebuah daerah dapat mencapai stabilitas ekonomi yang berkelanjutan.

“Salah satu ciri khas yang membuat Inhil unik adalah kebiasaan masyarakatnya yang gemar berbelanja di pasar apung. Meskipun panen hasil pertanian di daerah ini mungkin jumlahnya terbatas, namun kebijakan menjualnya hanya di lingkungan sekitar menciptakan keberlanjutan ekonomi lokal. Hasil panen yang sedikit tetapi berkualitas tinggi ini menjadi langganan bagi masyarakat setempat,” jelasnya.