Pelunasan Pembayaran Biaya Haji Jemaah Riau Baru 80 Persen

Pelunasan Pembayaran Biaya Haji Jemaah Riau Baru 80 Persen

21 Februari 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Sejauh ini progres pelunasan pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) bagi para Jemaah Calon Haji (JCH) Riau, hingga Selasa (20/2/2024) total calon jamaah haji yang sudah melunasi biaya haji sudah mencapai 80,7 persen.

"Sampai hari ini, tanggal 20 Februari 2024 total calon jamaah haji yang sudah melunasi biaya haji sebanyak 4.109 orang atau 80,7 persen dari 5.273 jamaah yang akan berangkat haji tahun ini," kata pejabat Kemenag Riau, Syahrudin, Selasa (20/2/2024).

Dia menjelaskan, untuk tahap pertama ini, jadwal pelunasan pembayaran biaya perjalanan ibadah haji akan berakhir pada 23 Februari 2024 besok.

Pihaknya berharap, disisa waktu yang ada ini, para JCH Riau bisa segera melunasi pembayaran biaya hajinya.

"Harapan kita jelang tanggal 23 ini nanti ada penambahan lagi," ujarnya.

Syahrudin mengatakan, Kemenag memang masih akan membuka jadwal pelunasan pembayaran BIPH tahap kedua, mulai tanggal 13 hingga 27 Maret 2024.

Namun untuk tahap kedua ini hanya diperuntukkan bagi calon jamaah haji yang gagal sistem pada pelunasan tahap pertama, termasuk juga yang masih dievaluasi kesehatannya. 

"Kemudian kelompok yang bisa melakukan pembayaran pelunasan pada tahap kedua ini adalah mereka yang masuk dalam daftar penggabungan mahram, suami dengan istri atau anak dengan orang tuanya. Serta pendamping lansia, dan pendamping disabilitas," papar dia.*