Pembukaan Ekspedisi Riau Bertuah 2023 Terlaksana Dengan Meriah

Pembukaan Ekspedisi Riau Bertuah 2023 Terlaksana Dengan Meriah

26 Juli 2023
Pembukaan Ekspedisi Riau Bertuah 2023 Terlaksana Dengan Meriah

Pembukaan Ekspedisi Riau Bertuah 2023 Terlaksana Dengan Meriah

RIAU1.COM -

BEM UNRI melalui Kementerian Sosial Masyarakat telah melaksanakan kegiatan pembukaan Ekspedisi Riau Bertuah (EKSPERIA) di Cipang Kiri Hulu, Kec. Rokan IV Koto disambut meriah oleh masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin (24/07) pukul 11.00 WIB. Pembukaan ini dihadiri oleh Kapolres Rokan Hulu, Kapolsek Rokan IV Koto, Kepala Desa Cipang Kiri Hulu, Presiden Mahasiswa, Ketua Pelaksana EKSPERIA, seluruh Panitia Pelaksana EKSPERIA 2023, serta masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu yang ikut menghadiri pembukaan EKSPERIA ini.

Mengenal terlebih dahulu mengenai lokasi Ekspedisi Riau Bertuah yaitu Cipang Kiri Hulu. Nama Cipang Kiri Hulu sendiri diambil dari istilah Simpang Kiri yang memiliki arti sungai yang bersimpang ke kiri dari Sungai Rokan yakni Sungai Mentawai. Maka, diambillah nama Desa Cipang Kiri Hulu yakni desa yang berada di sebelah hulu Sungai Mentawai tersebut. 

Kegiatan EKSPERIA dibuka oleh MC yaitu Ardana Ritonga, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Siti Rohmah Nurul Asyam. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Muhammad Abdul Pangestu, lalu kata sambutan oleh Ketua Pelaksana yaitu Abda Hidayatullah. Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan EKSPERIA adalah  meningkatkan nilai kepedulian terhadap masyarakat-masyarakat yang ada di Riau tentunya akan berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian, juga untuk mengetahui bagaimana pelosok-pelosok yang ada di Riau sehingga mahasiswa dapat mencoba menuangkan kebermanfaatan khususnya di Desa Cipang Kiri Hulu. 

"Alasan BEM UNRI memilih Desa Cipang Kiri Hulu sebagai desa pengabdian yaitu karena melihat begitu banyak minat-minat pendidikan bagi anak-anak yang bersemangat untuk sekolah, lalu dalam masalah kesehatan pada Desa Cipang Kiri Hulu masih banyak permasalahan mengenai stunting, kemudian potensi wisata pada Desa Cipang Kiri Hulu bisa menjadi prioritas bagi masyarakat Rokan Hulu, serta adat istiadat yang masih kental dan juga berharap agar budayanya bisa selalu dilestarikan untuk menambah wawasan kita sebagai mahasiswa," ujar Khoirul Basar selaku Presiden Mahasiswa dalam kata sambutannya. Kemudian kata sambutan oleh Kapolres Rokan Hulu yakni Bapak AKBP Budi Setiyono, S.Ik. MH dan langsung membuka acara EKSPERIA 2023 dengan pemotongan pita.

Kegiatan ditutup dengan pemberian plakat kepada undangan serta foto bersama. (AP)