Pemeriksaan Kelayakan Angkutan Lebaran di Riau Mulai Dilakukan Besok

Pemeriksaan Kelayakan Angkutan Lebaran di Riau Mulai Dilakukan Besok

4 April 2023
Terminal Bandar Raya Payung Sekaki

Terminal Bandar Raya Payung Sekaki

RIAU1.COM - Pemeriksaan kelayakan angkutan lebaran atau ram check, Rabu (5/4/2023) besok, akan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau.

Seluruh angkutan lebaran baik antara kota dalam provinsi, maupun antar kota antar provinsi akan dilakukan pemeriksaan. 

Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andi Yanto mengatakan, pemeriksaan kelayakan angkutan lebaran ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi angkutan mudik lebaran layak beroperasi guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas saat arus mudik dan balik lebaran nanti. 

"Iya, besok kita mulai melaksanakan giat pemeriksaan kelayakan angkutan lebaran. Pemeriksaan kelayakan angkutan lebaran akan dilakukan di terminal-terminal dan PO yang ada di kabupaten kota," katanya, Selasa (4/4/2023).

Pada saat dilakukan ram check, kata Andi,  kendaraan akan diperiksa satu persatu kelengkapan keselamatannya. Mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi. 

Bagi kendaraan yang lulus pemeriksaan ram check akan ditempeli sticker. Sedangkan untuk kendaraan yang tidak layak berdasarkan hasil pemeriksaan maka akan diberikan surat peringatan untuk melengkapi apa-apa saja yang kurang.

"Bagi angkutan lebaran yang layak beroperasi itu nanti akan kita tempeli sticker. Kalau yang tidak lolos uji kelayakan akan kita berikan surat peringatan," sebut dia.*