Pemkab Inhil Terima DAK Rp8,3 Miliar dari BKKBN

Pemkab Inhil Terima DAK Rp8,3 Miliar dari BKKBN

20 Januari 2024
Pj Bupati Inhil, Herman terima DAK tahun 2024 dari BKKBN

Pj Bupati Inhil, Herman terima DAK tahun 2024 dari BKKBN

RIAU1.COM - Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Herman menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Sub Bidang KB tahun 2024 sebesar Rp.8.355.860.000.

DAK tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia.

Diketahui DAK Sub Bidang KB merupakan dana yang diberikan kepada Kabupaten Kota langsung dari Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dan kesehatan reproduksi yang merata, dalam mendukung pencapaian sasaran prioritas pembangunan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting.

Pj. Bupati Herman menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau. Kata dia, sangat penting bagi kabupaten Inhil dalam menjalankan program yang sudah direncanakan pada tahun 2024, khususnya di Sub Bidang Keluarga Berencana.

"Kita harapkan OPD terkait bisa mempergunakan dan mengalokasikan dana tersebut sesuai dengan yang diprogramkan, terutama pada skala prioritas,"ujar dia.

Diketahui, program Bangga Kencana merupakan rebranding dari Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang memilik 5 program strategis, yakni memperkuat sistem informasi keluarga yang terintegrasi, meningkatkan advokasi dan program bangga kencana sesuai dengan karakteristik daerah, meningkatkan akses dan penyelenggaraan kualitas KBKR yang komprehensif, meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang holistik dan menguatkan pemaduan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian penduduk.*