Pemprov Riau Akui Media Sebagai Pilar Demokrasi

Pemprov Riau Akui Media Sebagai Pilar Demokrasi

22 Juni 2023
Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy dalam seminar kebangsaan Polda Riau

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy dalam seminar kebangsaan Polda Riau

RIAU1.COM - Media menjadi salah satu pilar demokrasi yang memiliki peran besar dalam menjaga dan merawat demokrasi negara.

Seperti itu disampaikan Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy saat mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau pada acara Seminar Kebangsaan yang ditaja oleh Polda Riau, Kamis, (22/6/2023).

“Media memiliki peran penting dalam demokarasi. Agar kehidupan berbangsa dan bernegara bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dilaporkannya, berdasarkan data dari Dewan Pers, terdapat 5.650 media yang ada di Provinsi Riau. Hal ini menjadikan Provinsi Riau menempati salah satu Provinsi yang memiliki media terbanyak di Indonesia.

“Dari 47 ribu jumlah total media secara nasional, sekitar 5650 atau 12 persen media secara nasional ada di Provinsi Riau,” terangnya.

“Tumbuh suburnya media di Provinsi Riau tak lepas dari ekosistem yang baik dan sehat. Misalnya kita dapat melihat indeks kemerdekaan pers di Provinsi Riau yang masuk tingkat 6 nasional pada tahun 2022,” tambah Masrul.

Sebagai informasi, Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) pada tahun 2023 secara nasional mengalami kenaikan sebesar 0,97 poin atau menjadi 75,40 dibandingkan tahun 2022 sekitar 74,43.

Dimana Provinsi Riau meraih posisi kedua tertinggi nasional setelah Jawa Barat dengan skor 82,43 poin.

Terakhir, Masrul meminta pemilik media dan jurnalis untuk dapat bekerja sesuai undang - undang pers dan mengedepankan kode etik jurnalistik.

“Kita berharap media dapat melaksanakan fungsinya dengan baik yaitu media yang netral dan edukatif. Tentunya yang mengacu pada undang - undang pers dan kode etik jurnalistik,” tutur dia.*