Pemprov Riau Didorong Penuhi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan

Pemprov Riau Didorong Penuhi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan

19 September 2023
Pertemuan BPMP dengan Gubri Syamsuar

Pertemuan BPMP dengan Gubri Syamsuar

RIAU1.COM - Audiensi Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Riau diterima Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Kepala BPMP Provinsi Riau, Wisma Endrimon menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur Syamsuar karena telah dianugerahi penghargaan Merdeka Belajar atas dukungan dan komitmen terhadap program Merdeka Belajar yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Selamat pak Gubernur atas penghargaan Merdeka Belajar yang telah diterima. Adapun maksud dan tujuan kita melakukan pertemuan dengan pak Gubernur yakni menyampaikan rapor pendidikan Provinsi Riau," kata Wisma Endrimon.

Saat rapat, Wisma memberikan rekomendasi untuk pemerintah Provinsi Riau agar menerbitkan kebijakan untuk mendorong peningkatan partisipasi sekolah serta dukungan kebijakan merdeka belajar (regulasi), pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang pendidikan (penganggaran sub kegiatan SPM).

Mengangkat guru penggerak yang memenuhi persyaratan menjadi kepala sekolah/pengawas, peningkatan kualifikasi dan kompetensi Penilaian Tindakan Kelas (PTK) serta pengajuan formasi guru ASN/PPPK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Disabilitas).

Adapun dukungan BPMP Provinsi Riau dalam hal ini yaitu melakukan pendampingan pembuatan regilasi/kebijakan, pendampingan berbasis data, sosialisasi guru penggerak dan menyediakan narasumber terkait kompetensi PTK.

Gubernur Syamsuar menjelaskan bahwa rencana strategis Pemprov Riau dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan pemerataan akses dan mutu pendidikan, melanjutkan dan memperluas program pendidikan vokasi.

"Bentuk dukungan Pemprov Riau adalah meningkatkan ketersediaan akses pendidikan, seperti melalui pembangunan USB, RKB, BOSDA, bantuan pendidikan siswa miskin dan sebagainya," ujar Syamsuar.

"Kemudian kita meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, meningkatkan kualitas serta relevansi pendidikan," imbuhnya.

Atas lapor pendidikan provinsi Riau yang telah diterimanya, Syamsuar berharap kedepannya pendidikan di Provinsi Riau lebih baik lagi.

Sebagai informasi, Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan Pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.*