Pemprov Riau Minta Peningkatan Kuantitas Ekonomi dan Keuangan Syariah

Pemprov Riau Minta Peningkatan Kuantitas Ekonomi dan Keuangan Syariah

24 Agustus 2023
Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy

RIAU1.COM -  Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) kata Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy berperan aktif dalam peningkatan kuantitas dan kualitas perwujudan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Riau, serta berupaya mencari solusi untuk terciptanya produk halal dari para pebisnis syariah di Bumi Melayu Lancang Kuning. 

"KDEKS  berperan aktif dalam peningkatan kuantitas dan kualitas perwujudan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Riau," ujar Masrul Kasmy di Pekanbaru, Rabu (23/8/2023). 

Riau, kata Masrul, merupakan provinsi yang strategis dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Tidak hanya berpenduduk mayoritas Islam, Riau juga memiliki letak strategis yang bagus, sebab berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand. 

Masrul menyebutkan ada beberapa alasan Riau sangat berpotensi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah, bahkan memiliki peluang untuk masuk pasar dunia. 

Hubungan baik yang sudah terjalin sejak zaman sebelum kemerdakaan antara Provinsi Riau dengan negara Malaysia dan Singapura diberi tajuk SIJORI (Singapura, Johor, Riau), sebut Masrul Kasmy, menjadi alasan kuat untuk meningkatkan perdagangan dan ekonomi pada kawasan semenanjung Selat Malaka. 

Peluang ekspor produk halal di Provinsi Riau terbuka juga pada Kawasan Timur Tengah khususnya Negara Arab Saudi yang membutuhkan pelayanan bagi jamaah haji dan umroh, hingga produk ikan air tawar. 

"Produk ikan air tawan ini khususnya ikan patin di Provinsi Riau berpotensi sebagai produk halal ekspor," jelasnya*