Pemprov Riau Minta Satgas Karhutla Dibentuk hingga ke Desa

Pemprov Riau Minta Satgas Karhutla Dibentuk hingga ke Desa

9 Juni 2023
Kepala BPBD Riau, M. Edy Afrizal

Kepala BPBD Riau, M. Edy Afrizal

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta kepada seluruh kabupaten kota di Riau agar membentuk Satgas Penanggulangan Karhutla hingga ke tingkat desa dan kelurahan. 

Sebab kata dia, masyarakat desa lah yang paling pertama mengetahui jika ada Karhutla. Termasuk dampaknya jika terjadi Karhutla juga mereka lah yang pertama akan merasakan. 

"Sesuai arahan pak gubernur,  bagi daerah yang rawan Karhutla itu harus dibentuk Satgasnya sampai ke tingkat desa atau kelurahan. Tujuannya agar main cepat penanganannya jika sewaktu-waktu ditemukan titik api," kata Kepala BPBD Riau, M. Edy Afrizal, Jumat (9/6/2023).

Kemudian Edy mengungkapkan, dalam penanganan Karhutla memang proaktif dari ruang lingkup laing kecil sangat dibutuhkan. 

Dengan adanya Satgas di tingkat Kecamatan hingga ke desa dan kelurahan ini maka mereka akan menjadi ujung tombang dalam pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayahnya masing-masing.

"Kawan-kawan kita di lapangan, mereka inilah lini terdepan dalam pencagahan, mitigasi, sosialiasi hingga penanganan jika di wlayahnya ditemukan ada Karhutla," ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi kebijakan Walikota Dumai yang membentuk tim Satgas Penanggulangan Karhutla. 

Loading...

Upaya ini diharapkan bisa mempercepat proses penanganan Karhutla ditingkat kecamatan. Sehingga saat terjadi Karhutla Satgas tingkat kecamatan bisa langsung ditangani.

"Kita apresiasi apa yang sudah dilakukan Walikota Dumai, BPBD, Polres dan Dandim yang sudah membentuk Satgas Karhutla ditingkat kecamatan," katanya.

Sementara untuk perkembangan terbaru Karhutla di Riau, saat ini pihakny belum mendapatkan laporan dari daerah ada titik Karhutla yang baru. Sementara sejumlah wilayah yang sebelumnya sempat diladan Karhutla saat ini seluruhnya sudah padam.

"Karhutla di Riau aman, memang ada hot spot, tapi fire spot nya nihil, karena beberapa hari ini kan sebagian besar wilayah Riau diguyur hujan," demikian Edy.*