Penampakan Harimau di Jalan lintas Buton Siak, BBKDSA Datangi Lokasi

Penampakan Harimau di Jalan lintas Buton Siak, BBKDSA Datangi Lokasi

30 Januari 2024
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Lokasi diduga munculnya harimau sumatera di wilayah Button, Kabupaten Siak telah didatangi Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau.

Berdasarkan keterangan Kabid Perlindungan Hutan Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Ujang Holisudin, peninjauan dilakukan di Jalan Lintas Siak Buton Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit.

"Informasinya rekaman itu diambil pada Jumat kemarin," kata Ujang, Senin (29/1).

Tim yang turun telah melakukan koordinasi dengan Sekdes Kerani  terkait video kemunculan satwa harimau sumatera di jalan lintas Siak Buton.

Sekdes setempat mengatakan, lokasi munculnya harimau diperkirakan di Km 4  RT 10 Dusun 1 Desa Mengkapan. Setelah bertemu Sekdes, tim bergerak ke lapangan menuju lokasi pengambilan video.

"Di lokasi tim tidak menemukan jejak satwa harimau sumatera, karena kondisi tanah kering. Sehinga sulit untuk mencari dan melakukan identifikasi jejak satwa di areal tersebut," jelas Ujang.

Tak sampai di situ, tim mencari sumber informasi lain dan bertemu sekuriti tak jauh dari lokasi. Menurut keterangan sekuriti tersebut, ia mengaku bertemu enam pengendara sedang dalam perjalanan ke Pusako sekitar pukul 18.20 WIB.

"Sekuriti mengaku enam pengendara tersebut melapor ke dirinya melihat harimau sumatera melintas di jalan lintas Siak-Buton. Tetapi security tidak mengetahui identitas orang yang melapor tersebut dan mereka mengaku berasal dari luar Desa Mengkapan," jelas Ujang. 

Selain itu, pihak Pemerintah Desa Mengkapan kepada tim menyampaikan mereka sudah melakukan himbauan kepada warga untuk berhati-hati saat beraktivitas di areal perkebunan sekitar lokasi.*