Pengangguran Terbuka di Riau Capai 135.050 Orang, Ini Penyebabnya Menurut Disnakertrans

Pengangguran Terbuka di Riau Capai 135.050 Orang, Ini Penyebabnya Menurut Disnakertrans

24 September 2023
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Imron Rosyadi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Imron Rosyadi

RIAU1.COM - Angka pengangguran terbuka di Riau pada tahun 2023 tercatat sebanyak 135.050 orang, jumlah tersebut tercatat menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 138.510 orang.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Imron Rosyadi, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masih adanya angka pengangguran di Riau. Seperti rendahnya mutu dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, kemudian sistem pendidikan yang belum link and macth atau masih output oriented dan belum job oriented.

"Kemudian juga disebabkan minimnya kesempatan kerja yang match antara ketersediaan pekerja dengan lapangan kerja, serta kurangnya keterampilan menjadi usahawan," katanya.

Sebab itu, sebut dia, pihaknya melakukan beberapa upaya untuk mengurangi angka pengangguran terbuka di Riau. Seperti dengan melakukan pelatih melalui Balai Latihan Kerja (BLK), pelatihan kerja melalui kerjasama, pemagangan dalam negeri, pemagangan luar negeri dan pelatihan kewirausahaan.

"Kami juga melakukan pengendalian penggunaan tenaga kerja asing di Riau, untuk lebih banyak memberikan kesempatan kerja kepada tenaga kerja lokal," ujarnya.

Selain itu, tambah dia lagi, pihaknya juga baru saja melakukan Riau Job Fair 2023. Dimana selama pelaksanaan Riau Job Fair 2023  Sebanyak 12.605 pencari kerja (Pencaker) yang tercatat memasukkan lamaran. Diamna, pada Riau Job Fair tahun ini ada 70 perusahaan yang berpartisipas dengan lowongan pekerjaan sebanyak 2.200 lebih.

"Selama tiga hari berlangsungnya Riau Job Fair, kami mencatat ada 12.605 pencari kerja yang melamar,"tutur Imron.*