Pengumpulan Zakat Riau Meningkat, Setahun Terakhir Capai Rp 39,2 Miliar

Pengumpulan Zakat Riau Meningkat, Setahun Terakhir Capai Rp 39,2 Miliar

15 Januari 2023
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau, Masriadi

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau, Masriadi

RIAU1.COM - Pengumpulan zakat di Provinsi Riau tahun 2022 mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Berdasarkan keterangan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau, Masriadi Hasan, pengumpulan zakat Riau pada tahun 2022 ditarget sebesar Rp18 miliar dan akhirnya tercapai Rp39,2 miliar.

"Peningkatan pengumpulan zakat Riau tahun 2022 kalau persentasenya mencapai 140 persen dari tahun sebelumnya," kata Marsiadi.

Lalu Masriadi menyampaikan, peningkatan pengumpulan zakat di Riau tak terlepas dari kebijakan Gubernur Riau, yang mengimbau untuk pengumpulan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan payroll system.

"Adanya imbauan itu yang menjadikan Provinsi Riau dengan pengumpulan zakat yang sangat tinggi. Tentu kami sangat apresiasi kepada Gubernur Riau kepala daerah yang sangat konsisten mengimbau dan mengajak para Muzakki untuk membayar zakat melalui Baznas," ungkapnya.

Sambung dia, dalam berbagai kesempatan, Gubernur Riau, sering kali menyampaikan pentingnya berzakat. 

"Bahkan saya berseloroh dengan teman-teman, yang sebenarnya Amil itu pak Gubernur, karena beliau kemana-mana dan dimana selalu zakat zakat, kita kebagian menyalurkannya saja, ujar Masriadi.

Dia juga mengapresiasi para muzakki yang telah berkeyakinan bahwa zakat akan sangat berfungsi bagi pembangunan dan ekonomi daerah.

"Kami Baznas juga memiliki komitmen tinggi untuk mengelola dana zakat ini sebaik dan semaksimal mungkin," tukasnya.*