Penjajakan Kerja Sama Pendidikan Pemprov Riau dengan New Zealand

Penjajakan Kerja Sama Pendidikan Pemprov Riau dengan New Zealand

9 Agustus 2023
Penandatanganan letter of intent Pemprov Riau dengan IPU

Penandatanganan letter of intent Pemprov Riau dengan IPU

RIAU1.COM - Pemerintahan Provinsi Riau (Pemprov Riau) jalin kerja sama dengan Institute of the Pacific United (IPU), New Zealand. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Letter Of Intent (LOI) dari kedua belah pihak .

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau (Kadisdik) Provinsi Riau, Kamsol sampaikan, penandatangan LOI ini ke depannya akan dilanjutkan kepada MoU. Hal tersebut, kata dia, sekaligus dalam rangka penguatan kerja sama antara Pemprov Riau dengan IPU New Zealand dalam bidang pendidikan untuk memajukan SDM Provinsi Riau. 

Dijelaskan dia, Pemprov Riau berkomitmen dalam peningkatan kualitas SDM. Hal tersebut, ucapnya, dapat dilihat melalui kerja sama yang telah terjalin dengan berbagai pihak di bidang pendidikan, baik dalam maupun luar negeri. 

"Pemprov Riau memberikan beasiswa yang saat ini terdapat ribuan mahasiswa yang disekolahkan baik di universitas terkemuka di Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, IPB, ITS dan bahkan berbagai macam pendidikan agama, seperti Tazkia Bogor, itu adalah beasiswa siswa berprestasi yang diberikan pemerintah Provinsi Riau," jelasnya.

Selain itu, sebutnya, Pemprov Riau juga memberikan beasiswa kepada masyarakat yang kurang mampu dalam sisi ekonomi. Ia katakan, jumlah mahasiswa yang diberikan beasiswa jumlahnya mencapai 4.000 untuk putra dan putri daerah.

Lebih lanjut, dia sampaikan, hal tersebut adalah komitmen Pemprov Riau dalam meningkatkan SDM. Karena untuk mengukur kesejahteraan suatu daerah ataupun negara ditentukan oleh Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"IPM indikator utamanya adalah pendidikan. Pendidikan disana ada harapan lama sekolah dengan rata rata lama sekolah. Selain itu indeks yang menentukan kualitas kesejahteraan selain harapan lama sekolah ada angka harapan hidup, selanjutnya indeks daya beli masyarakat. Tiga kekuatan ini yang mengukur terhadap indeks pembangunan manusia," terangnya.

"Mudah mudahan dengan kerjasama Pemprov Riau deng IPU new zealand ini kita dapat meningkatkan kualitas SDM kita, mengikat hal-hal yang paling penting, sesuai dengan kebutuhan SDM di Riau," tukasnya.*