Penuhi Kebutuhan Pangan, Gubri Ajak Masyarakat Menanam

Penuhi Kebutuhan Pangan, Gubri Ajak Masyarakat Menanam

15 Februari 2023
Gubri saat kunker di Kuantan Singingi

Gubri saat kunker di Kuantan Singingi

RIAU1.COM - Saat ini sebagian masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) masih menekuni  tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhannya, satu diantaranya menanam padi. 

Tidak sedikit juga masyarakat di sana yang memiliki sawah sendiri untuk ditanami padi.

Sebab itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar merasa senang karena masyarakat Kuansing masih gemar menanam padi. Dengan hal tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pangan di daerah khususnya Kuansing. Apalagi tanaman padi dipercaya bisa mensejahterakan masyarakat.

Kuansing dan beberapa daerah lainnya, sebut Gubri, memiliki potensi besar untuk tanaman padi, sehingga seharusnya Riau tidak lagi membeli beras dari luar untuk kebutuhan, bahkan sebaliknya bisa menjual untuk kebutuhan daerah lain di luar Riau.

"Saya senang dengan Kuansing ini, karena masih ada masyarakatnya yang gemar menanam padi," kata Gubernur Syamsuar 

Gubri menyebut saat ini Provinsi Riau masih kekurangan pangan, oleh sebab itulah pihaknya gencar mengajak seluruh masyarakat Riau untuk gemar malakukan gerakan tanaman pangan.

Selain padi, ada banyak tanaman pangan yang bisa dibudidayakan oleh masyarakat, seperti sayur-sayuran, bawang merah, buah-buahan dan lainnya, sebagai bentuk menjaga ketahangan pangan, apalagi ditengah krisis yang melanda saat ini.

Menurut Gubri, setiap daerah di Provinsi Riau memiliki keunggulan masing-masing, sehingga jika ingin menonjolkan keunggulan daerah, bisa mengikuti kondisi dimasing-masing daerah.

"Misalnya Siak dan Kuansing cocok jika ditanami padi, tidak harus sawit, sesuai dengan kondisi di daerah itu," jelasnya.*