Penyelenggaraan Statistik Sektoral Rohil Terbaik di Riau

Penyelenggaraan Statistik Sektoral Rohil Terbaik di Riau

25 Desember 2023
Pemkab Rohil saat terima penghargaan dari BPS

Pemkab Rohil saat terima penghargaan dari BPS

RIAU1.COM - Asisten II Setdakab Rokan Hilir (Rohil) Drs H Ferry menghadiri kegiatan Focus group discussion Standard Pelayanan Publik pada Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Riau belum lama ini.

Pada kesempatan itu, Rokan Hilir menerima penghargaan dari BPS Provinsi Riau  sebagai Pemerintah terbaik 1 dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023 di Provinsi Riau dengan nilai 2.20 (cukup).

Dalam kesempatan itu, Kepala BPS Provinsi Riau Asep Riyadi mengatakan gerakan Reformasi Birokrasi terus melaju, pelayanan publik yang sedang menjadi sorotan berbagai pihak pun terus dibenahi di berbagai sisi. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia data, selalu berupaya maksimal meningkatkan pelayanannya dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

"Selama periode 2023, BPS Riau telah melakukan beberapa upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Terobosan yang telah dilakukan di antaranya melalui Buku Tamu Elektronik dan Asam Pedas, aplikasi Senyum Kepuasan, aplikasi Go Dinas dan Spektral serta perwajahan ulang PST dari layanan statistik terpadu BPS Riau," kata dia.

Sebut dia, salah satu indikator untuk mengukur tingkat kepuasan layanan publik yang telah diselenggarakan melalui Indeks Kepuasan Konsumen (IKK). Selama kurun waktu 3 tahun, Asep Riyadi menyampaikan bahwa BPS Riau telah berhasil meningkatkan kepercayaan publik dalam penyediaan layanan.

"Dengan meningkatkan nilai IKK yang mencapai 90,98 persen pada tahun 2023 dengan kriteria sangat memuaskan, di mana meningkat sebesar 1,30 persen jika dibandingkan dengan tahun 2021," ujar Asep Riyadi.

Ia menjelaskan, salah satu bentuk peningkatan pelayanan statistik terpadu BPS Riau ialah Buku Tamu Elektronik Berbasis Web (BUTEB). BUTEB merupakan digitalisasi buku manual dalam rangka menciptakan e-government.

"BUTEB dapat menyimpan data penghujung dalam bentuk database sehingga bisa diakses kembali untuk keperluan evaluasi pelayanan, pengawasan internal dan statistik kunjungan," jelasnya.

Selain BUTEB, BPS Riau juga sambung dia memiliki fitur layanan Asam Pedas atau Aplikasi Manajemen Pengguna Data Statistik. Asam Pedas adalah sebuah aplikasi web untuk mengelola data pengguna statistik yang pernah menerima layanan dari BPS Riau.

"Fitur layanan yang dimiliki adalah M-Tools, langganan broadcast aktif data dan infografis serta layanan konsultasi via Whatsapp. Hingga Desember 2023, tercatat sebanyak 2745 penguna aktif yang telah menggunakan layanan ini dan pada 2020 juga telah mendapatkan penghargaan dari Pusdiklat DPR RI terkait Inovation Award," ungkap Asep.

Kemudian, kata dia, dalam rangka evaluasi penyediaan layanan statistik terpadu, di BPS Riau telah memiliki aplikasi Senyum Kepuasan atau Emoji. Di aplikasi ini engguna layanan dapat memasukkan testimoni mengenai layanan yang telah diterima dalam bentuk penilaian secara kualitatif, terbagi dalam 4 ukuran yaitu sangat puas, puas, tidak puas dan sangat tidak puas.

"Melalui aplikasi ini didapatkan outcome nilai kepuasan layanan bulanan dan pemberian kompensasi kepada pengunjung yang tidak puas terhadap layanan yang diberikan. Sampai Desember 2023 telah dilakukan evaluasi terhadap PST BPS Riau yang didapatkan sebanyak 98 persen pengunjung menilai sangat puas," ucapnya.*