Peparpenas 2023, Riau hanya Ikut 3 Cabang Olahraga

Peparpenas 2023, Riau hanya Ikut 3 Cabang Olahraga

25 Juli 2023
Kadispora Riau, Boby Rachmat

Kadispora Riau, Boby Rachmat

RIAU1.COM - Pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) 2023 yang dijadwalkan akan dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan, 29 Juli hingga 5 Agustus 2023 mendatang, Riau hanya ikut di dua cabor yakni atletik dan renang dari total ada lima cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. 

Tiga cabor lagi yang tak diikuti paralimpian Riau adalah tenis meja, bulutangkis, dan boccia.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Riau Boby Rachmat mengatakan, selaku penanggung jawab pembentukan dan pengiriman Kontingen Riau, pihaknya menyiapkan tujuh paralimpian untuk bertanding di dua cabor tersebut.

"Tujuh atlet telah disiapkan untuk mengikuti Peparpenas tahun ini. Mereka akan ikut di dua cabang olahraga yakni atletik dan renang. Semoga mereka meraih prestasi bagus nantinya dengan membawa pulang medali,” kata Boby, Senin (24/7). 

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Prestasi Olahraga Dispora Riau Rinov Eka Mondrie menjelaskan untuk cabor renang sebanyak empat atlet dipersiapkan. Sedangkan di atletik  ada tiga atlet. Atlet renang yang dipersiapkan yakni Muhammad Aidil, Abdil Majid Rahman, Alfatih Mauli Pratiwi dan Latifah Fitri. 

"Mereka masing-masing akan ikut di empat nomor yang dipertandingkan.  Muhammad Aidil akan turun di nomor 50 meter gaya punggung, 40 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, dan 50 meter gaya dada. Abdil Majid Rahman akan turun di nomor  50 meter gaya dada, 100 meter gaya dada, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 50 meter gaya bebas. Alfatih Mauli Pratiwi akan turun nomor 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya dada, dan 50 meter gaya dada," katanya. 

50 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, 100 meter gaya dada dan 50 meter gaya bebas. Mereka saat ini dilatih secara intensif oleh pelatih Zulkifli di Aquatic Sport Center Rumbai dan Kolam Renang Syuci, yakni kolam milik perenang paralimpain Riau Syuci Indriani. 

"Di atletik, tiga atlet yang disiapkan adalah Kapilah, Nayla Sabilu Faza, dan Rahmatul Hidayah. Kapilah akan turun di nomor lari 100 meter, lompat jauh, dan tolak peluru. Sedangkan Nayla Sabilu Faza ikut nomor lari 100 meter dan lari 200 meter. Sementara Rahmatul Hidayah akan turun di nomor lari 100 meter, lari 200 meter, dan lompat jauh. Mereka dilatih Martin Losu," sebutnya.*